Standar Kompetensi Dokter Direvisi


JAKARTA – Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI) merekomendasikan revisi terhadap standar kompetensi dokter umum.Sebab, aturan yang ada saa ini dinilai bertentangan dengan kompetensi keilmuan dokter.

Presidium PDUI,Dyah Waluyo mengatakan, di Fakultas Kedokteran, dokter umum diajarkan untuk menangani persalinan normal.Namun dalam aturan standar kompetensi III disebutkan untuk persalinan yang dilakukan oleh dokter umum harus didampingi oleh dokter spesialis. ”Padahal dokter umum paling banyak jumlahnya dibanding dokter spesialis, sedangkan beberapa daerah masih kekurangan dokter” ungkapnya di Jakarta kemarin. Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan, peran dokter umum sebagai tenaga medis yang paling banyak dibanding dokter spesialis memang harus dioptimalkan.

Menurut dia, saat ini dokter umum dengan kewenangan tambahan baru akan diterapkan di Indonesia bagian timur. Namun perlu adanya kerja sama dari pemerintah daerah untuk mendorong para dokter bekerja di daerah dengan menyediakan fasilitas. ”Daerah juga perlu mempromosikan, berupaya agar penyebaran ini merata,” ujarnya. Sementara itu,Presiden Ikatan Dokter Indonesia, Zaenal Abidin mengungkapkan revitalisasi hanya mengembalikan saja apa yang harus dilakukan oleh dokter umum. ” Saat ini dokterumumhanya melakukan yang sangat sederhana yakni mengobati batuk pilek,padahal dalam kompetensi itu banyak yang harus dilakukan oleh dokter umum,”ungkap Zaenal.

Saat ini terdapat 72 Fakultas Kedokteran di seluruh Indonesia, dengan jumlah lulusan sekitar 5000 setiap tahunnya. Namun peningkatan jumlah dokter umum tersebut belum sejalan dengan distribusi di daerah-daerah.

PDF Print
Friday, 25 March 2011
About these ads
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: