39 Puskesmas Implementasikan BLUD


PALEMBANG – Saat ini setidaknya 39 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dalam lingkup Kota Palembang telah mengimplementasikan konsep Badan Layanan Umum Daerah (BULD).

Kebijakan yang diberlakukan sejak April 2011 ini menekankan agar puskesmas dalam melakukan pengelolaan keuangan secara transparan demi meningkatkan pelayanan prima terhadap masyarakat. “Dengan adanya BLUD sekarang ini, puskesmas dapat mengelola sendiri keuangannya. BLUD ini dilakukan bertahap dengan lama tiga tahun masa percobaan.

Kesempatan waktu yang diberikan selama tiga tahun ini diharapkan dapat dimanfaatkan tiap puskesmas untuk membenahi keuangannya,” ujar Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Palembang Gema Asiani kemarin. Menurut dia,selama ini pengelolaan keuangan puskesmas masih dilakukan secara swadaya.

Kondisi demikian dirasa belum memberikan kepuasan kepada masyarakat, mulai pelayanan tidak cepat dengan prosedur berbelit-belit, adanya diskriminasi pelayanan, biaya yang dinilai tidak transparan, adanya budaya kerja aparatur yang belum baik, hingga waktu penyelesaian pemberian pelayanan yang tidak jelas.

Dengan implementasi BLUD ini, diharapkan ke depan puskesmas dapat menjadi ujung tombak dalam pem-bangunan kesehatan masyarakat, dengan berupaya memberikan keterbukaan terhadap pasien. “Penerapan BLUD ini hanya dilakukan pada pengelolaan keuangannya saja. Jadi, petugas dituntut untuk memahami, membuat perencanaan hingga pencatatan laporan keuangan,”katanya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Kota Palembang Jimmi Oscar Haris menyatakan, penerapan BLUD terhadap seluruh puskesmas di Palembang ini diharapkan bukan hanya sebatas mengejar fleksibilitas atau kemudahan yang diberikan saja, melainkan juga dituntut meningkatkan kinerja dalam pelayanan, kinerja manfaat, dan kinerja keuangan.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: