Australia Bangun Sekolah dan Puskesmas di Sumbar


JAKARTA, Ribuan masyarakat Sumatera Barat akan menikmati kembali akses pendidikan dan kesehatan yang aman berkat bantuan pembangunan Australia.

Demikian komitmen dari Duta Besar Australia untuk Indonesia Greg Moriarty, yang Rabu (18/5/2011) bersama Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Scot Marciel, menghadiri pembukaan kembali SDN Kajai 2 di Kota Pariaman. Pembukaan ini menandai selesainya Program Rekonstruksi Sekolah Sumatera Barat oleh Australia dan Amerika Serikat.

Duta Besar Moriarty juga resmi membuka Puskesmas di Pauh Kambar. Seperti halnya sekolah, puskesmas ini dibangun kembali dengan dana bantuan Pemerintah Australia menyusul bencana gempa bumi dahsyat bulan September 2009.

Setelah gempa, Pemerintah Australia memberikan komitmen sebesar 19 juta dollar AS untuk Sumatera Barat. Sebesar 4 juta dollar AS untuk bantuan kemanusiaan dan 15 juta dollar AS digunakan untuk upaya pemulihan dan rekonstruksi.

“Secara bersama-sama, ketiga Pemerintah telah bekerja membangun kembali 39 sekolah. Program ini telah menyediakan kembali sekolah yang aman bagi sekitar 6.500 anak-anak Indonesia,” ujar Duta Besar Moriarty.

Delapan puskesmas di Sumatera Barat juga dibangun kembali dengan hibah dari Pemerintah Australia. Setiap puskesmas juga dilengkapi dengan ambulan baru. “Lebih dari 26.000 orang di Pauh Kambar akan memperoleh manfaat dari puskesmas ini. Setiap bulan, sekitar 2000 orang akan dapat mengakses layanan kesehatan ini,” ujar Duta Besar Moriarty.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: