BKKBN Latih 259 Dokter dan 460 Bidan


RABU, 18 MEI 2011

SAMARINDA – Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim dalam waktu dekat ini akan melatih 259 dokter dan 460 bidan di Kaltim. Pelatihan melalui Training of Trainer (ToT) bagi dokter spesialis dan umum serta bidan tersebar di 14 daerah itu bertujuan menunjang peningkatan kualitas pelayanan Keluarga Berencana (KB) di Kaltim. Hal itu diungkapkan Kepala BKKBN Kaltim Jupri Yasin kepada Koran Kaltim siang kemarin.

“Pelatihan bagi dokter dan bidan ini menjadi target BKKBN dan harus tercapai tahun ini. ToT perdana akan digelar itu dengan 14 dokter dan 14 bidan senior berpengalaman baik berasal dari rumah sakit dan memiliki pengalaman maupun yang sudah mumpuni dalam memberikan pelayanan dan transfer ilmu ke dokter dan bidan di daerahnya masing-masing,” jelasnya.

Dikatakan pula BKKBN tak akan melatih langsung 259 dokter dan 460 bidan tersebut. Karena itu dengan ToT ini akan melahirkan pelatih bagi dokter dan bidan tersebar di seluruh Kaltim.

Dengan harapan mereka yang sudah dilatih bisa melatih dokter dan bidan lainnya sehingga mencapai jumlah ditargetkan. “Pelatihannya berjenjang masing-masing 14 dokter dan bidan memiliki kemampuan di bidang pelayanan KB akan melakukan transfer ilmu dan pengalaman guna menunjang pelayanan prima terhadap program KB. Karena tak hanya kuantitas bakal dicapai melainkan kualitas layanan tetap menjadi prioritas,” ujarnya.

Namun ia mengaku yakni mampu mencapai target 259 dokter dan 460 bidan akan dilatih dalam meningkatkan pelayanan KB di Kaltim. Sebab alokasi anggaran di BKKBN Kaltim dalam memaksimalkan pelatihan bagi dokter dan bidan telah dianggarkan dan menjadi program unggulan.    “Kami yakin target ini tercapai karena infrastruktur dan persiapan menggelar ToT sedang dilakukan dan akan segera digelar dalam waktu dekat. Karena dokter dan bidan dipilih memang diprioritaskan bagi dokter berpengalaman khususnya spesialis obgyn di rumah sakit daerah. Jika tak ada maka dipilih dokter umum senior dan berpengalaman dan akan menjadi pelatih bagi rekan seprofesinya di daerah tersebut,” harapnya. (ca)

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: