Cuti Bersama, Puskesmas Tetap Diserbu, Di Palaran Malah Buka 24 Jam


SAMARINDA. meski cuti bersama, beberapa Puskesmas di Samarinda justru diserbu masyarakat yang ingin mendapatkan layanan kesehatan. Pantauan wartawan di beberapa Puskesmas, tidak sedikit warga yang berobat.
Seperti di Puskesmas Temindung Jl Pelita yang buka mulai pukul 08.00 Wita hingga 10.00 Wita tercatat sampai jam 9 kemarin dikunjungi 163 pasien. Begitu pula di Puskesmas Remaja hingga pukul 09.20 Wita dikunjungi sekitar 70-an warga. “Ada sekitar 160-an pasien yang datang hingga jam 9 sekarang. Bahkan yang datang ada yang dari wilayah luar,” ungkap kepala Bagian Kartu Puskesmas Temindung. Hal ini juga dibenarkan kepala Puskesmas Temindung dr Solihin Wijaya. “Kita tetap memberikan pelayanan sesuai SKB 3 Menteri. Jadi kita melayani seperti hari Jumat, dari jam 8 sampai 10 pagi. Pasien datang, apa mau ditolak, fungsi kita memberikan pelayanan kesehatan,” ucap mantan Pimpinan Puskesmas Sempaja ini. Disebutkan, biasanya tingkat kunjungan warga berkisar 200 hingga 300 orang per harinya. Tak hanya memberikan layanan, tampak terlihat di depan pintu masuk ada stand promo produk susu Anlene.
“Dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat,” ucap Solihin lagi. Sedangkan di Puskesmas Remaja, salah satu petugas menyebutkan saat cuti bersama kemarin, mereka tetap memberikan pelayanan. “Pelayanan tetap kami berikan dengan sistem piket,” ucapnya singkat.

Lain halnya di Puskesmas Plus Palaran. Seperti dikemukakan Pimpinan Puskesmas Palaran dr Sy Rahimah, puskesmasnya buka UGD 24 jam, yang mana di hari biasa hanya untuk emergency, tapi di hari libur melayani semua keluhan walaupun keluhan ringan. “Dokter 24 jam dalam 3 shift. Shift pagi ini ada sekitar 90 pasien,” ucapnya.
Menurutnya, cuti bersama tahun lalu untuk shift sore sampai malam bisa lebih 150 pasien. “Biasanya yang membludak itu dari jam 6 sore sampai jam 7 malam. Hanya dalam satu jam bisa 90-an pasien yang datang,” bebernya. Namun, pihaknya tetap memberikan pelayanan dan mengatur polanya supaya warga tetap terlayani, petugas juga dibebani terlalu berat karena menyita waktu di cuti bersama

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: