Himpunan Dokter Obgin Gelar Temu Ilmiah


Rabu, 9 Maret 2011 09:30 WITA

MAKASSAR – Himpunan Kedokteran Fetomaternal Indonesia Bagian Obsetri dan Genakologi (Obgin) mengadakan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Fetomertenal XII di Hotel Grand Clarion, Jl AP Petta Rani, Makassar. Kegiatan ini berlangsung mulai Senin(7/3) hingga Kamis (9/3).
Kegiatan dengan tema Working Together In Solving Maternal Health Problems in Our Community tersebut merupakan kegiatan pertama diadakan di Indonesia bagian timur sepanjang pertemuan ilmiah ini telah dilaksanakan selama 12 tahun terakhir.
“Pada PIT ini dibahas beberapa masalah dan rekomendasi mengenai peningkatan pelayanan serta pendidikan dan kajian yang berhubungan dengan kehamilan,” ujar Ketua Panitia PIT Dr dr Maisuri T Chalid SpOG yang ditemui Hotel Clarion, Selasa (8/3).
Kajian kehamilan yang dikeluarkan itu di antaranya perihal standar pemeriksaan USG, kelahiran prematur, serta kelahiran lewat waktu. Selain itu, peserta juga diberi tambahan wawasan mengenai bagaimana tindakan dokter obgin dalam menangani pasien kehamilan yang rawan penyakit seperti  hipertensi dan sebagainya.
Selain itu pada PIT ini juga dibahas mengenai angka kematian ibu dan anak yang setiap tahun menurun tapi tidak memiliki arti. Betapa tidak, sekitar tahun 2007-2008, angka kematian ibu dan anak saat kelahiran 228/100 ribu kelahiran hidup.
“Jika dibandingkan tujuan Millenium Development Goals (MDGs) yang mematok jumlah kasus kematian ibu dana anak saat kelahiran 102/100 ribu kelahiran. Jasih ada setengah untuk menurunkan angka kematian tersebut,” ujarnya. (cr5)

Ketua panitia pertemuan ilmiah tahunan (PIT) para dokter obgin tersebut, IT Dr dr Maisuri T Chalid SpOG mengatakan, pihaknya sedang menjalin kerja sama dengan negara Belanda dalam bidang mengelola database memanfaatkan Teknologi IT.
“Diharapkan dari kerja sama itu, pengelolaan tentang data dan pelayanan, bisa lebih baik. Salah satu rangkaian kegiatan itu juga digelar workshop mengenai USG,” jelas Maisuri yang ditemui di Hotel Grand Clarion, Makassar. (cr5)

Dalam PIT ini jumlah peserta yaitu 270  untuk peserta workshop dan 985 yang ikut dalam PIT Fentomenternal XII, peserta berasal dari dokter bagian Obgin, dokter umum, dan juga bidan.(cr5)

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: