Pelayanan Puskesmas Mengecewakan


PEMATANG BANDAR-Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pematang Bandar Jalan Pembangunan Nagori Pematang Bandar Kecamatan Pematang Bandar mengecewakan warga. Hal itu disebabkan staf dan para pelayan kesehatan di Puskesmas tersebut kurang disiplin dan sering menunda pemeriksaan terhadap pasiennya. “Seharusnya mereka masuk kerja jam 8 pagi, tapi terkadang sampai jam 9 atau jam 10 baru datang. Udah kami lama menunggu di sana, dokternya pun jarang datang,” kata seorang warga setempat.

Hal senada dikatakan Bastian (43) warga Nagori Wonorejo, Kecamatan Pematang Bandar. Menurutnya ia termasuk salah seorang warga yang kecewa terhadap pelayanan di Puskesmas tersebut. Ini dilihat saat ia membawa istrinya yang mempunyai penyakit paru-paru. Setelah lama menunggu untuk cek-up, malah diketahui dokternya ikut mengantar anaknya yang berangkat tamasya dari sekolah, Senin (16/5) pagi. “Tadi aku datang ke sana membawa istriku berobat. Memang sudah beberapa kali berobat ke sana, tapi tetap pelayanannya kurang bagus. Masa aku sudah menunggu sama istriku sejak jam 8 pagi sampai jam 10.30WIB, malah tidak diperiksa sama sekali. Waktu kutanya tenaga medisnya, hanya disuruh menunggu. Tapi udah lama aku menunggu, ternyata dibilang perawat kalau dokter pergi ikut mengantar anaknya tamasya,” kata Bastian di kantor METRO, Senin (16/5).

Ditambahkannya, peristiwa itu tak hanya dialaminya sendiri. Saat yang sama ada 8 orang pasien lagi di sana dan menunggu dokter. Akan tetapi mereka semua ikut kecewa dan akhirnya pulang. “Waktu itu ada 8 orang pasien lain, semuanya jadi kecewa karena pelayanannya begitu. Kami minta Dinas Kesehatan menegur Puskesmas tersebut. Soalnya bukan sekali ini saja kayak gitu, sudah berulang kali ini terjadi,” tambahnya. Sedangkan Kepala Puskesmas Pematang Bandar, Dr Hasudungan Panggabean yang ditemui, Senin (16/5) di kantornya sedang tidak berada di tempat. Ketika dicoba hubungi lewat telepon, Panggabean tidak memberikan jawaban. Namun Sekretaris Puskesmas tersebut bernama Untung mengatakan, dokter sedang kurang sehat dan berada di rumah. “Dokter hari ini memang belum masuk, saya dengar dia kurang sehat tadi dan berada di rumah. Mengenai disiplin, sudah diterapkan selama ini. Namun yang namanya manusia pasti ada kelemahannya, dan masyarakatlah yang menilainya. Saya rasa Puskesmas kita tidak ada masalah dengan keluhan masyarakat selama ini,” kata Untung.

Sementara itu Kadis Kesehatan Simalungun Dr Saberina Tarigan saat dikonfirmasi melalui ponselnya menyatakan bahwa pihaknya, Senin (16/5) atau dalam masa Fakultatif melakukan imbauan kepada Puskesmas untuk menerapkan sistem piket. “Memang untuk fakultatif, Senin (16/5) ini kita terapkan sistem piket. Tapi memang di sana cuma ada 1 orang dokter dan mungkin sedang ada urusan. Sementara perawat kan tetap berjaga di Puskesmas dan bisa menangani sementara. Jika memang mendesak perawat akan telepon dokter atau dialihkan ke RS untuk untuk hal darurat,” katanya.

http://metrosiantar.com/SIANTAR_SIMALUNGUN/Pelayanan_Puskesmas_Mengecewakan_

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: