Stok obat Puskesmas di Surabaya menipis


SURABAYA, Sejak Walikota Bambang DH mengeluarkan peraturan walikota (Perwali) tentang pengobatan gratis di Puskesmas kota Surabaya awal Juni 2010 lalu, pasien meningkat tajam.

Dari pantauan di sejumlah Puskemas di Surabaya Utara, membludaknya jumlah pasien itu tak diimbangi dengan pasokan obat yang memadai. Seperti di Puskesmas Krembangan Selatan, tak sedikit pasien ketika mengambil obat di bagian apotik setempat, tak memperoleh obat yang sudah ditulis dalam resepnya itu. Sehingga harus diganti dengan obat lain yang sejenis.

Petugas dokter Puskesmas Krembangan Selatan, Ali Fitri mengakui sejak diberlakukan pengobatan gratis selama dua minggu ini persediaan obat di apotik puskesmas tersebut mulai menipis. “Kenaikan jumlah pasien sepertinya belum diantisipasi. Sehingga kebutuhan dan persediaan obat belum ditambah pasokannya,” ujarnya.

Menurut dia, jika dalam lonjakan pasien gratis di Puskesmas selama bulan ini tidak diimbangi pasokan obat, kemungkinan besar persediaan obat tidak akan mencukupi. “Namanya berobat gratis, pasti akan banyak orang yang datang ke Puskesmas. Padahal sebelum digratiskan, pasien cuma dikenakan bayar karcis retribusi sebesar Rp 2.500 per orang. Tapi dengan tanpa dipungut biaya ini orang makin banyak lagi yang berobat.”

Seorang petugas apotik di Puskesmas itu membenarkan jika selama dua minggu terakhir, persediaan obat makin menipis. “Tapi kami sudah menginformasikan kepada Dinkes kota Surabaya, supaya segera ditambah pasokan obat-obatannya,” tutur petugas yang tak bersedia disebut namanya itu.

http://www.kabarbisnis.com/read/2812508

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: