Butuh 11 Ribu Dokter Gigi


MEDAN – Kebutuhan dokter gigi di Indonesia tidak sedikit. Mengingat penderita sakit gigi terus bertambah, setidaknya Indonesia membutuhkan sekitar 11 ribu dokter gigi untuk menutupi kekurangan yang ada saat ini. Faktor ini menjadi penyebab hadirnya Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara (USU) yang akan membantu melengkapi kekurangan dokter gigi di Indonesia.

“Kami bertekad untukmelahirkan dokter gigi yang mempunyai skill dan pengetahuan yang berkualitas untuk melayani masyarakat,” kata Pembantu Dekan III FKG USU, drg Zulkarnain M Kes saat ditemui di ruangan kerjanya, Rabu (18/5).

Zulkarnain mengatakan, di satu sisi, banyaknya dokter gigi di Indonesia hanya memenuhi (berpraktek) di kawasan perkotaan dan pemukiman ramai penduduk. Sebaliknya, sangat minim dokter gigi yang membuka praktek dan melakukan kegiatannya memasuki pemukiman minim penduduk atau perkampungan. “Padahal, seharusnya daerah pedalaman yang bisa dimaksimalkan sebagai lahan membuka kegiatan praktek dokter gigi,” kata Zulkarnain M.

Menurutnya kawasan yang mesti diperhatikan yakni daerah timur, meliputi Pulau Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Dalam kenyataannya dokter gigi masih mendominasi di Pulau Jawa dan Sumatera. “Kami berharap pemerataan dokter gigi harus diperhatikan oleh pihak yang bertanggung jawab,” kata Zulkarnain M.

Meskipun dikenal sebagai fakultas mahal, Zulkarnain M menyarankan jangan ragu untuk mendaftar. Kata Zulkarnai M, FKG USU juga memiliki program Bidik Misi yaitu program yang membiayai penuh mahasiswa miskin yang berprestasi. Dan semua biaya ditanggung oleh FKG USU hingga mahasiswa lulus. Program baru dimulai pada tahun 2011 dan diharapkan bisa terus berlangsung.(rdn)

http://medan.tribunnews.com/2011/05/19/butuh-11-ribu-dokter-gigi

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: