Fakultas Kedokteran Unpri Miliki RS Pendidikan Bertaraf Internasional


MEDAN –  Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Prof dr  Fasli Jalal, PhD meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sakit (RS) Pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia (Unpri), di Jl Ayahanda Medan, Selasa (17/5). Tak hanya tercatat sebagai rumah sakit pendidikan swasta pertama di Sumatera Utara, tapi juga akan jadi rumah sakit  bertaraf internasional.

Dalam peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit pendidikan tersebut, Wamendiknas didampingi Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Prima Indonesia I Nyoman Ehrich Lister  , Ketua BPH Yayasan Tommy Leonard, Rektor Unpri Djakobus Tarigan, Wakil Rektor I Monang Panjaitan, dan Dekan Fakultas Kedokteran Unpri Firman Sitepu.

Wamendiknas Fasli Jalal pada kesempatan itu menyatakan, pembangunan rumah sakit pendidikan tersebut merupakan suatu sejarah, karena baru tiga tahun sejak 2008 mendapat izin operasional, namun sudah bertekad mengembangkan pendidikan yang berbasis Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) diikuti Problem Based Learning (PBL) dan kemudian menerapkan prinsip-prinsip dari sistem tersebut.

“Pada akhirnya Fakultas Kedokteran Unpri didukung dengan berbagai fasilitas, menambah fasilitas pendukung utama yaitu rumah sakit pendidikan yang dimiliki sendiri, dikelola sendiri dan proses pengelolaannya dengan proses belajar-mengajar, itu sangat baik sehingga akan melahirkan lulusan yang lebih baik,” ujarnya.

Fasli Jalal menyebutkan, pendidikan tinggi berbasis kesehatan bukan pendidikan yang main-main karena berhubungan dengan manusia, resikonya cukup besar dan kalau salah dosanya tidak hanya di dunia tapi juga sampai akhirat.

Dia berharap, upaya yang dilakukan Unpri terutama menyediakan segala fasilitas yang semakin lengkap didukung Rumah Sakit Pendidikan bertaraf internasional dapat selesai dalam waktu 15 bulan.
Dekan FK Unpri dr. Firman Sitepu menyampaikan, FK Unpri yang mendapat izin operasional pada 2008 telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Problem Based Learning dengan jumlah mahasiswa tiga angkatan sebanyak 90 orang dan jumlah dosen 60 orang.

Firman menyebutkan, FK Unpri merasa perlu melengkapi fasilitas, sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan mutu lulusan. Unpri juga telah mempunyai rumah sakit pendidikan sendiri yaitu Rumah Sakit Umum Universitas Prima Indonesia di Tebing Tinggi dan bekerjasama dengan Rumah Sakit Pirngadi Medan dan rumah sakit lainnya.

“Hari ini (Selasa-red) kami juga membangun rumah sakit pendidikan dengan luas 25.000 meter bujursangkar, terdiri dari 14 lantai, 12 lantai untuk perawatan. Perlengkapan rumah sakit ini dilengkapi sesuai kebutuhan masyarakat dengan sarana pendukung bertaraf internasional, sehingga dapat melahirkan lulusan yang profesional,” kata Firman.

Di rumah sakit ini nantinya terdiri dari 30 klinik spesialis dan sub spesialis dilengkapi dengan ruang diskusi mahasiswa  dan ruang laboratorium.(em/*)

http://medan.tribunnews.com/2011/05/19/unpri-miliki-rs-pendidikan-bertaraf-internasional

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: