Jumlah Pasien Anak di RSUD Abdul Aziz Melonjak


Singkawang –Pada periode Januari-April 2011, jumlah pasien anak di RSUD Abdul Aziz Singkawang meningkat ketimbang periode yang sama di tahun sebelumnya. Paling banyak pasien Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) sebanyak 340 orang dan Diare 152 orang.

“Jumlah pasien anak memang bertambah, tertinggi itu pasien anak rawat jalan yang mengidap ISPA. Sedangkan pasien anak rawat inap yang terserang Diare tidak begitu meningkat,” ungkap Jukarni SKep, Kepala Bidang (Kabid) Keperawatan RSUD Abdul Aziz Kota Singkawang ditemui di tempat kerjanya, kemarin (18/5).

Jukarni menjelaskan, meningkatnya jumlah pasien anak ini disebabkan pengaruh cuaca yang kurang sehat menyebabkan anak-anak menderita ISPA. Sedangkan anak-anak yang terserang Diare umumnya karena pola makan yang kurang sehat dan pola hidup bersih di rumah tangga yang masih perlu dibina.

Menurut dia, penyakit ISPA dan Diare ini memang rentan diderita anak-anak, karena ketahanan tubuh anak masih belum mampu bertahan terhadap serangan penyakit tersebut. Oleh karenanya, Jukarni mengharapkan para orangtua memerhatikan kondisi kesehatan anak-anaknya dengan membiasakan hidup bersih, baik dalam keseharian maupun dalam mengonsumsi makanan. “Masyarakat juga harus membiasakan untuk menerapkan pola hidup sehat di lingkungannya masing-masing,” harapnya.

Bermodal pola hidup sehat, kata Jukarni, masyarakat Kota Singkawang akan selalu sehat. “Karena pola hidup sehat akan menjamin kesehatan kita. Jika pola hidup sehat tersebut tidak dijalankan, tidak menutup kemungkinan segala penyakit akan menghampiri kita semua,” ingatnya. (dik)

http://www.equator-news.com/lintas-utara/singkawang/jumlah-pasien-anak-di-rsud-abdul-aziz-melonjak

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: