Pemkab Bandung Diminta Gratiskan Biaya Perawatan Kelas 3 RSUD


SOREANG, (PRLM).- Pemerintah Kabupaten Bandung diharapkan bisa menggratiskan biaya untuk perawatan kelas III di tiap rumah sakit umum daerah (RSUD) yang dimilikinya. Program ini melihat dari hasil evaluasi Jamkesmas maupun Gakinda. Karena, masyarakat dinilai kesulitan mengurus surat keterangan tidak mampu (SKTM), kartu gakinda maupun jamkesmas.

Digratiskan itu artinya dana untuk perawatan di kelas tiga itu, termasuk rawat inap dijamin oleh APBD, jelas anggota Panitia Khusus (Pansus) Kesehatan DPRD Kabupaten Bandung, Gungun Gunawan kepada wartawan, Rabu (18/5).

Ia menuturkan, program ini diperuntukan bagi pasien kurang mampu yang selama ini tidak menerima kartu jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) maupun keluarga miskin daerah (Gakinda). Bahkan kalau memungkinkan perawatan di kelas III itu digratiskan bagi seluruh warga Kabupaten Bandung, bukan hanya warga miskin saja, tandasnya.

Dengan catatan, lanjutnya, yang digratiskan dibatasi bagi perawatan dengan biaya di bawah Rp. 3 juta per pasien. Porsi anggaran untuk jaminan kesehatan di APBD Kabupaten Bandung cukup besar. Makanya agar pelayanan kesehatan terhadap masyarakat ini lebih optimal, ada baiknya dibebaskan saja biaya rawat untuk kelas tiga dengan biaya perawatan masih di bawah Rp3 juta, tuturnya.

Ia menambahkan, penggratisan itu berdasarkan pada pertimbangan dari hasil evaluasi Jamkesmas maupun Gakinda karena sulitnya mengurus surat keterangan tidak mampu (SKTM), kartu gakinda maupun jamkesmas. Bahkan pada kenyataan di lapangan banyak yang memiliki kartu gakinda atau jamkesmas tapi hanya dipakai sekali saja dalam setahun, ujarnya.

Ia menuturkan, alasan lainnya, di tingkat Kementerian Kesehatan pun sudah memberikan sinyal sebentar lagi petugas RS tidak perlu lagi menanyakan apakah pasien memiliki kartu miskin atau Jamkesmas. “Kementerian Kesehatan tengah menyiapkan aturan agar semua pasien rawat kelas tiga dijamin pemerintah,” katanya. (A-194/das)***

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: