RSUD Soedono Madiun Gelar Operasi Massal Jamkesmas


Madiun – Para dokter spesialis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedono Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis, menggelar operasi massal bagi pasien peserta program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah (Jamkesmada).

“Jumlah pasien Jamkesmas dan Jamkesmada yang dioperasi kali ini sebanyak 66 pasien. Mereka melakukan operasi atas berbagai penyakit yang dideritanya, seperti hernia, mata, urologi, dan operasi bedah umum lainnya,” ujar Direktur RSUD dr Soedono Madiun, Restu Kurnia Tjahyani, kepada wartawan.

Jumlah dokter spesiali yang terlibat dalam kegiatan ini mencapai 30 dokter lebih. Sedangkan ruang operasi yang dipakai mencapai 10 ruang, yang terdiri dari empat ruang operasi di paviliun, empat ruang operasi di Instalasi Bedah sentral (IBS), dan dua ruang operasi “emergency” atau darurat.

“Selain operasi bagi peserta Jamkesmas dan Jamkesmasda, kami juga melakukan operasi bagi pasien umum. Jumlah pasien umum diluar Jamkesmas ada sembilan pasien, sehingga total dalam kegiatan kali ini, ada 75 pasien,” terang Kurnia.

Ia menjelaskan, kegiatan operasi massal ini baru pertama kali dilakukan di rumah sakit setempat. Kedepan, jika kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat akan dilakukan rutin setiap tahun.

“Setelah operasi selesai, kami akan lakukan evaluasi tentang kegiatan ini. Jika hasilnya positif dan bermanfaat bagi masyarakat, terlebih warga miskin, tentunya akan kami gelar rutin,” papar Kurnia.

Operasi-operasi yang dilakukan kali ini merupakan operasi yang belum dapat terlaksana dalam pelayanan harian karena keterbatasan tenaga ahli seperti dokter spesialis dan tingginya daftar tunggu pasien yang harus menjalani operasi. Dimana dalam satu bulan, rata-rata operasi yang dilakukan di RSUD dr Soedono mencapai 250 kali.

Sedangkan, operasi yang dilakukan di Paviliun Merpati yang masih dibawah manajemen RSUD dr Soedono Madiun, mencapai 300 kali operasi dalam satu bulan.

Adapun, biaya yang dikeluarkan, tentunya lebih murah, karena pasien yang bersangkutan merupakan peserta program Jamkesmas dan Jamkesmasda. Yakni, program layanan kesehatan dari pemerintah bagi keluarga miskin.

http://www.antarajatim.com/lihat/berita/62499/rsud-soedono-madiun-gelar-operasi-massal-jamkesmas

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: