5.000 Balita di Batam Kurang Gizi


BATAM-Sekitar lima persen dari 100 ribu anak berusia di bawah lima tahun (balita) atau kira-kira 5.000 balita di Kota Batam menderita kurang gizi. Kondisi tersebut cukup ironis mengingat Batam termasuk kota metropolitan yang pertumbuhan ekonominya di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam drg Chandra Rizal kepada wartawan usai menghadiri pelantikan Tim Penggerak PKK Kota Batam di Hotel Golden View, Bengkong, Kamis (19/5).

“Lima persen dari jumlah balita di Batam menderita kurang gizi. Lima persen itu enggak banyak, di Jakarta saja 18 persen. Balita kurang gizi ini rata-rata tinggal di rumah-rumah bermasalah (rumah liar/ruli),” ujar Chandra Rizal.

Menurut Chandra, kurang gizi terjadi karena beberapa faktor. Di antaranya asupan gizi tak memadai, pola makan yang salah dan faktor ekonomi keluarga yang rendah. “Penduduk Batam mayoritas pendatang. Saat tiba di Batam, tidak semuanya memiliki pekerjaan tetap sehingga ekonomi keluarganya lemah, tidak mampu memberi asupan gizi yang sesuai untuk keluarga,” sebutnya.

Meski demikian, kata Chandra, kurang gizi tidak hanya terjadi pada masyarakat menengah ke bawah, tetapi juga terjadi pada keluarga dengan ekonomi menengah ke atas.  “Di kalangan ekonomi mapan, kurang gizi pada anak terjadi karena kurangnya kontrol orangtua terhadap makanan anak. Biasanya asupan makanan diserahkan pada pengurus rumah, sementara orangtuanya sibuk bekerja,” katanya.

Karena itu, Chandra mengimbau masyarakat agar selalu memantau perkembangan pertumbuhan anak, yaitu dengan mengikuti secara rutin kegiatan posyandu. Warga juga diminta cepat bertindak membawa anak-anak yang menderita sakit ke rumah sakit sehingga lebih cepat penanganannya.

Dikatakan, untuk daerah hinterland, kini telah ada 11 dokter keluarga. Dokter-dokter tersebut digaji sebesar Rp7 juta per bulan untuk melayani 100 keluarga. Dokter tersebut ditempatkan di Belakang Padang 5 orang, Kecamatan Galang 4 orang, dan di Bulang 2 orang. (pti)

http://www.haluankepri.com/index.php?option=com_content&view=article&id=11942:5000-balita-di-batam-kurang-gizi&catid=1:batam&Itemid=34

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: