Dokter Kota Turun Desa


Setiap tahun, murid saya yang tergabung dalam  OSIS menyelenggarakan bakti sosial berupa pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat desa. Momen ini kemudian digunakan masyarakat desa untuk memeriksakan kesehatan mereka. Mereka datang dengan berpakaian rapi layaknya mau ke kondangan, kemudian bercerita banyak mengenai masalah kesehatan atau sakit yang diderita, dari yang sakit pinggang, pegal, batuk, dan lain sebagainya kepada dokter.

Apa yang dilakukan murid saya, tentunya sangat bermanfaat dan sangat dinanti oleh masyarakat desa yang dalam kesehariannya menganggap pergi ke dokter adalah sesuatu yang mewah. Kesempatan berobat gratis jangan sampai terlewatkan.

Pelayanan Dokter Gratis di Desa

Berkaca pada pengelaman tadi, di hari bakti dokter Indonesia, tepatnya tanggal 20 Mei 2011 hari Jumat ini, saya mempunyai usul, bagaimana jika pemeriksaan gratis yang katanya akan dilakukan para dokter Indonesia, dilakukan di pelosok, daerah, desa, terpencil di Indonesia.

Mungkin jika dibandingkan dengan masyarakat perkotaan yang sehari-harinya mudah mendapatkan pelayanan kesehatan, apakah karena tingkat ekonomi yang mencukupi atau karena fasilitas kesehatan di kota yang memadai, masyarakat desa pada kenyataannya berbeda. Di desa ada puskesmas, tetapi pelayanan terbatas, termasuk fasilitasnya.

Nah di hari berbahagia ini, mumpung pas akhir minggu, jadi kalau bisa Jumat Sabtu Minggu, dokter kota berkunjung ke daerah dan memberikan amal baktinya bagi masyarakat desa di Indonesia, yang selama ini mungkin  jarang mendapatkan perhatian kesehatan. Tidak perlu semuanya karena harus ada yang tetap jaga dan yang merasa terpanggil saja. Semoga apa yang menjadi kegiatan para dokter menjadi amal baktinya bagi bangsa dan negara ini.

http://sosbud.kompasiana.com/2011/05/20/dokter-kota-turun-desa/

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: