Dokter Muslim di Ohio Dirikan Klinik Gratis


Sejumlah dokter Muslim di Ohio, Amerika Serikat, mendirikan klinik gratis bagi kaum dhuafa. Bangunan “Muslim Clinic of Ohio” yang kini dikenal sebagai “Mercy Care Clinic” itu  berdekatan dengan Rumah Sakit Mercy Anderson. Sebagian dana operasional dari Zakat kaum Muslim.

Selain misi kemanusiaan, klinik tersebut juga bermisi dakwah –menunjukkan bahwa kaum Muslim itu cinta damai dan harmoni, tidak seperti dipropagandakan media dan kalangan Islamophobia.

“Saya berpikir begitu banyak publik Amerika yang melihat berita dan berpikir bahwa seorang Muslim secara otomatis adalah teroris,” kata Robert Bowling, 53 tahun, dari Kota Anderson yang pernah berobat ke klinik tersebut, seperti diberitakan situs Cincinnati (5/4).

Kaum Muslim yang Bowling kenal adalah para dokter berdedikasi yang merelakan waktu mereka untuk merawat dirinya. Para dokter Muslim itu pun menyelamatkan jiwanya.

Dokter yang merawat Bowling adalah Tariq Sultan, kelahiran Pakistan dan ahli penyakit dalam di Mercy Anderson. Ia salah satu pendiri klinik yang dibuka pada Juli 2009 tersebut. Bersama 140 dokter Muslim di kawasan tersebut, ia menjadi relawan secara individu atau di dalam kelompok kecil di klinik lain melayani orang-orang miskin.

Para dokter tersebut ingin melayani komunitas yang lebih luas dan, menurut Sultan, ingin memuaskan tiang agama Islam keempat –Zakat— yang bermisi memberikan dan melayani orang miskin.

“Setiap orang percaya dengan surga dan neraka,” kata Sultan. “Jika Anda melakukan sikap yang baik, maka Anda semakin dekat kepada Tuhan. Anda bergerak maju.”

Para dokter tersebut juga ingin berperan dalam memecah stereotip negatif tentang Islam di Amerika.

Klinik perawatan Mercy didasarkan pada model sebuah klinik gratis yang dibuka tahun 1996 di California juga oleh para dokter Muslim. Lima tahun sebelum serangan 9/11, para dokter Muslim di Los Angeles ingin menciptakan sebuah “pandangan yang lebih positif tentang Islam” dan memberikan para relawan kesempatan.

“Kami semua adalah hamba Tuhan,” kata Seyed Moussavian, seorang ahli pencernaan yang membuka praktik pribadi di Montgomery dan seorang pendiri klinik lokal. (Mel/Cincinnati/ddhongkong.org).*

http://ddhongkong.org/2011/04/dokter-muslim-di-ohio-dirikan-klinik-gratis/

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: