Puskesmas Bendosari buat jejaring TBC


Bendosari (Espos)   Puskemas Bendosari membuat jejaring di dusun-dusun di empat desa untuk menggali kasus tuberkulosis (TBC) di kecamatan setempat. Hal itu menyusul kesadaran memeriksakan diri warga pengidap gejala TBC yang dinilai masih rendah.
Koordinator Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Puskesmas Bendosari, MM Ngatini, menyebutkan empat desa sasaran jejaring pengungkapan kasus TBC adalah Paluh Ombo, Manis Harjo, Puhgogor, dan Cabean. Saat ini jejaring di dua desa pertama sudah berjalan aktif, sedang di dua desa lain direncanakan bergerak mulai akhir Mei dan awal Juni.

“Melalui jejaring TBC inilah kami menelusuri ke dukuh-dukuh di wilayah kerja guna menjaring suspect TBC. Cara ini lebih efektif dibandingkan kegiatan yang hanya difokuskan di tingkat desa karena kadang-kadang jangkauan yang terlalu jauh,” ungkapnya ketika ditemui Espos, di Puskesmas Bendosari, didampingi Kepala Tata Usaha (TU), Kartini, Kamis (19/5).

Menurut Ngatini, meski sudah diimbau dalam berbagai kesempatan, tapi warga dengan gejala TBC tetap enggan memeriksakan diri. Terlebih mereka yang sudah berusia lanjut. Kecenderungan itu, menurutnya, menjadi kendala di lapangan untuk mengobati dan mencegah penularan penyakit itu.

Ia menjelaskan sampai lima bulan pertama 2011, tim jejaring TBC Puskemas Bendosari mengungkap 19 kasus. Penderita relatif tersebar dengan temuan terbanyak di Desa Gentan lima kasus, diikuti Desa Jombor tiga kasus dan Mulur serta Sugihan masing-masing dua kasus.

http://edisicetak.solopos.com/berita.asp?kodehalaman=h42&id=112724

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: