Bangka Selatan Kekurangan Dokter Spesialis


Jakarta : Kabupaten Bangka Selatan, Sumatera Selatan mengalami krisis dokter spesialis, hal tersebut berdampak pada menurunnnya angka kesehatan masyarakat setempat.

Menurut anggota DPR komisi IX Fraksi PDI-P Surya Candra Surapati dalam dialog dengan Pro3 RRI, Sabtu (21/5), penyebaran kesehatan disetiap daerah tidak merata, hal tersebut disebabkan karena system pembiayaan kesehatan tidak mendapat perhatian dari pemerintah.

“Sistem pembiayaan kesehatan dibiayai oleh pasien sendiri, sementara untuk konsultasi ke dokter spesialis harus melalui dokter umum, dan system rujukan tersebut yang sering tidak jalan, karena tidak jalannya system pembiayaan kesehatan dari pemerintah,“ ujarnya.

Surya menegaskan, jika pemerintah mau melaksanakan system jaminan social nasional, maka system pembiayaan kesehatan akan mudah dikelola.

“Jika system jaminan sosial nasional dilaksanakan maka system pembiayaan kesehatan akan mudah dikelola, serta ada peningkatan gaji dokter spesialis yang berimplikasi adanya upaya pemda untuk mendistribusikan dokter spesialis,“ imbuhnya.

Menurutnya, Komisi IX DPR RI, tengah mendorong upaya Kemenkes untuk bekerja sama dengan Pemda setempat untuk memasok jumlah dokter spesialis, serta mendorong terbentuknya undang-undang pendidikan kedokteran, agar penempatan dokter spesialis dapat terarah terkait dengan ikatan dinas di kabupaten/kota tiap daerah. (Leni/WDA)

http://www.rri.co.id/index.php/read/132/Kab.%20Bangka%20Selatan%20Kekurangan%20Dokter%20Spesialis

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: