Dokter di Manado Tersangka Aborsi


MANADO – Kepolisian Daerah Sulawesi Utara menetapkan seorang dokter sebagai tersangka terkait kasus dugaan aborsi pada sebuah klinik di Manado.

Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Utara, Ajun Komisaris Besar Benny Bela, di Manado Jumat (20/5), mengatakan, aparat masih terus melakukan pengembangan penyidikan terhadap kasus aborsi itu, dengan tersangka berinisial EM.

Menurut Benny Bela, tersangka adalah dokter umum, bukan dokter spesialis kandungan. Tetapi dari hasil penanganan kasus ini, terindikasi tersangka melakukan pengguguran kandungan atau aborsi.

“Memang ada beberapa oknum atau orang yang meminta kandungannya digugurkan. Namun di sisi lain dokter ini bukan spesialis kandungan sehingga diduga terjadi malpraktik,” katanya.

Menurut Bela, dalam penanganan kasus ini polisi telah memeriksa sejumlah saksi, di antaranya perawat serta sopir di klinik tersebut. “Keterangan yang diperoleh, tindakan aborsi sudah dilakukan dokter itu berkali-kali,” ujarnya.

Dalam penanganan kasus ini, kata Bela, dokter forensik Polda Sulut telah melakukan penggalian di sekitar klinik untuk mencari barang bukti. “Kepolisian masih meneliti barang bukti, yang antara lain berupa gumpalan darah tersebut,” ucap Bela.

Reinhard Manalu, penasihat hukum tersangka, mengatakan bahwa kliennya sementara diperiksa kepolisian terkait dengan dugaan kasus aborsi. “Tersangka memang benar pernah melakukan aborsi, tetapi langkah dilakukan ini untuk menyelematkan pasien,” katanya.

Dia menambahkan, begitu terjadi pendarahan terhadap pasien, diambil tindakan medis untuk menyelamatkannya. “Kalau tidak dilakukan akan membahayakan pasien, itulah mengapa dilakukan aborsi,” tambah Reinhard.

Sebelum aborsi dilakukan, katanya, telah juga dibuat surat pernyataan oleh keluarga pasien bahwa tidak keberatan aborsi dilakukan.

http://nasional.kompas.com/read/2011/05/20/22355122/Dokter.di.Manado.Tersangka.Aborsi

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: