Pemprov Bengkulu Sekolahkan 78 Dokter


BENGKULU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu mengirimkan 78 dokter umum untuk kuliah mengambil jurusan spesialis di berbagai fakultas perguruan tinggi di Sumatra dan Pulau Jawa guna mengatasi kekurangan dokter di daerah itu.

Setelah lulus pendidikan itu, para dokter tersebut akan disebar dan bertugas di sepuluh kabupaten/kota, terutama di daerah yang dianggap minim dokter spesialis.

“Mereka diberikan besiswa dari dana APBD Pemprov Bengkulu. Program tersebut setiap tahun akan diagendakan sampai kebutuhan dokter spesialis terpenuhi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Bengkulu Bambang Suseno, Sabtu (21/5).

Menurutnya, kondisi kekurangan dokter spesialis dimaklumi karena para dokter untuk menempuh pendidikan dokter umum mengeluarkan dana pribadi ratusan juta rupiah, sehingga dokter baru lulus ingin cepat membuka praktik sendiri.

Sementara itu, jurusan pendidikan kedokteran di Universitas Bengkulu (Unib) belum bisa diandalkan, karena hingga tahun ini baru dua angkatan dan belum mampu meluluskan mahasiswa.

Sementara itu, Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Yunus Bengkulu Zulman Zuhri mengatakan, saat ini jumlah dokter spesialis baru ada 25 orang. Jumlah tersebut masih
kurang karena ada beberapa dokter spesialis tidak ada di Bengkulu.

Dokter spesialislain yang perlu penambahan antara lain dokter jantung, mata, THT (telinga, hidung, tenggorokan), serta dokter spesialis kulit dan kelamin. Jumlahnya masing-masing satu orang.

Ia juga mengungkapkan, setiap tahun selalu diusulkan penambahan ternaga dokter, tetapi belum ada dokter yang bersedia mengabdi di Bengkulu. Sebab, daerah tersebut tergolong sepi jika dibandingkan dengan daerah lain.

Padahal, Kementrian Kesehatan setiap tahun mengadakan program kuliah dokter spesialis bagi dokter yang baru lulus. Setelah lulus mereka disebar pada 33 provinsi dan diharapkan dari dokter tersebut RSUD M Yunus mendapatkan jatah. (Ant/OL-01)

http://www.mediaindonesia.com/read/2011/05/21/227708/126/101/Pemprov-Bengkulu-Sekolahkan-78-Dokter

, , , , , , , , , , , , ,

  1. #1 by Fajar on 6 Desember 2011 - 6:51 am

    Saya sakit telinga mau priksa THT di mana almt dr spesialis THT di bengkulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: