Tidak Jalankan Jampersal, Dinkes Sumut Akan Tegur Dinkes Daerah


MEDAN – Program Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI tentang Jaminan Persalinan (Jampersal) gratis bagi masyarakat Indonesia sepertinya belum berjalan di semua daerah propinsi Sumut. Padahal, petunjuk teknis (Juknis) soal program tersebut juga sudah dikeluarkan.

Dari kondisi ini, Dinas Kesehatan Provsu melayangkan surat edaran ke seluruh Dinas Kesehatan kabupaten/kota agar menjalankan program tersebut sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) yang dapat diunduh melalui situs Depkes RI. “Cukup mudah mengaksesnya di internet, ada juknisnya. Bahkan, saat rapat kerja kesehatan nasional (rakerkesnas) di Batam sudah diberitahu,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provsu dr Candra Syafei SpOG, di ruang kerjanya, Kamis (19/5).

Dia berharap agar pemkab/pemko merespon program pemerintah pusat itu. Soal anggaran yang belum turun menurutnya, jangan dijadikan alasan belum dijalankannya program itu. “Bberapa saja akan ditanggung, karena itu program pemerintah, pasti akan diklaim. Apalagi anggarannya sudah disahkan DPR. Jadi tidak ada alasan lagi bagi darerah belum merealisasikan program itu,” ujarnya. Bila program itu belum juga dijalankan, maka pihaknya akan membuat teguran kepada dinas kesehatan daerah. Yang terpenting, program itu harus disosialisasikan ke masyarakat. “Kita akan tegur bila program ini tidak dijalankan. Tujuhpuluh persen program inikan merupakan jasa,” tegasnya.

Berdasarkan pedoman yang ada, anggarannya dikirim bersamaan dengan anggaran Jamkesmas. “Belum ada laporan yang kita terima dari kab/kota. Tapikan pusat sudah menjanjikan dan wajib dikeluarkan dari APBN,” sebutnya seraya menambahkan kalau anggarannya kurang akan dibayar di anggaran selanjutnya. Begitupun, dia berharap, agar Depkes RI membuat iklan atau pemberitahuan tentang Jampersal di seluruh Indonesia. “Dalam dengar pendapat dengan Komisi E DPRDSU kita juga meminta kalau mereka reses ke daerah untuk mensosialisasikan Jampersal. Sekarang memang belum ada masalah atau keluhan yang kita terima dari daerah,” katanya. n P15

http://www.portibionline.com/berita-1229-tidak-jalankan-jampersal–dinkes-sumut-akan-tegur-dinkes-daerah.html

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: