Sarana dan Pra Sarana Perlu Ditingkatkan Dinkes Optimalkan Puskesmas Untuk Warga


SURABAYA, LIcom: Pemkot Surabaya melalui Dinas Kesehatan Kota Surabaya perlu menggiatkan Puskesmas. Bahkan, sarana dan prasarana medisnya juga perlu ditingkatkan.

Sehingga pelayanan kesehatan masyarakat melalui  Puskesmas, bisa dicover. Disampaikan anggota Komisi D DPRD Surabaya Fatkur Rohman, di beberapa wilayah Surabaya, banyak masyarakat yang lebih memercayakan pengobatan atau pelayanan kesehatannya ke Puskesmas, justru tidak ke RSUD.

Alasannya, selain pelayanannya cepat, juga memuaskan. Bahkan di Puskesmas, sudah bisa menangani berbagai permasalahan warga, kecuali masalah kesehatan yang tergolong berat atau akut.

“Kalau di Surabaya Timur, warga lebih memilih RSUD dr Soewandhie sehingga rumah sakit milik pemkot itu selalu overload. Namun di Surabaya Barat, warga banyak memilih pengobatannya ke Puskesmas. Padahal di kawasan itu berdiri RS Bakti Dharma Husada. Namun warga justru membanjiri Puskesmasnya,” ujar Fatkur.

Karena itu, Pemkot Surabaya cukup menata Puskesmasnya yang ada. Lengkapi sarana dan prasarananya karena bisa mengatasi masalah warga. “Dengan begitu, pemkot tak perlu lagi membangun RSUD baru, karena Puskesmas sudah banyak yang mampu menangani warganya,” tambah Fatkur.

Selain itu, Pemkot Surabaya juga harus lebih gencar mempromosikan 20 rumah sakit swasta yang sudah bekerja sama dengan Pemkot Surabaya untuk menangani pasien non-Jamkesmas atau Jamkesda. Sehingga warga juga bisa memanfaatkan rumah sakit itu untuk berobat, tidak selalu terfokus pada RSUD dr Soewandhie. WIN/LI-10

http://lensaindonesia.com/sarana-dan-pra-sarana-perlu-ditingkatkan-dinkes-optimalkan-puskesmas-untuk-warga

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: