Tarif RSUD Nunukan Mulai Dikeluhkan


NUNUKAN – Mahalnya biaya rumah sakit umum daerah (RSUD) Kabupaten Nunukan pasca pemberlakuan Peraturan Daerah Nomor 10/2011 Tentang Penetapan Tarif Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Nunukan, kini mulai dikeluhkan warga.

Sebut saja Amat salah seorang warga Nunukan yang mengeluhkan mahalnya tarif untuk biaya persalinan istrinya. Iapun merasa heran karena tarif yang disampaikan pada saat hendak masuk RSUD ternyata berbeda setelah ia menerima tagihan.

“Waktu akan masuk RUD Nunukan kita disajikan list dengan biaya sekian. Nanti menginap di sini sekian biayanya, visite dokter spesialis dan dokter umum sekian tarifnya. Satu malam sekitar Rp300 ribu. pemahaman kita ini sama seperti hotel, sudah termasuk service dan obat. Setelah saya cek rincian di depan, sekian perkiraan saya yang akan dibayarkan. Tetapi ketika kita dapatkan tagihan saat pulang, ini sudah berubah sangat jauh,” ujarnya kepada tribun.

Belakangan, kata dia, tiba-tiba muncul jasa medis dan jasa pelayanan rumah sakit. Semua jasa mulai dari tensi, suntik, asuhan keperawatan dan tindakan medis lainnya dikenakan tarif rata-rata Rp 8.000 dengan pelayanan jasa rumah sakit ditarif Rp 12.000 persetiap tindakan.

“Setiap tindakan ada jasa rumah sakitnya dan jasa pelayanan rumah sakit. Jadi total untuk tindakan perawatan sekitar Rp700.000 untuk melahirkan normal. Yang jadi pertanyaan saya, buat apa mereka digaji kalau jasanya dibayar lagi? Ini kan rutinitas, memang ini pekerjaannya. Dia digaji sebagai bidan kemudian ada tunjangan seabrek itu untuk apa? Saya kaget apakah seperti ini pelayanan Badan Layanan Umum (BLU)?” katanya.

Ironisnya, pada saat pasien telah melahirkan, anak yang dilahirkan dihitung sebagai pasien baru sehingga harus dibuatkan status baru dengan pembayaran baru sebagai pasien yang berbeda dengan sang ibu.

“Padahal saya tahunya namanya pelayanan harusnya sudah include. Kenapa harus daftar lagi membuat status pasien baru?” katanya.

http://kaltim.tribunnews.com/2011/05/22/tarif-rsud-nunukan-mulai-dikeluhkan

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: