Pemko Batam main-main atau tidak serius dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat


BATAM CENTRE- Wakil Ketua I DPRD Kota Batam Ruslan Kasbulatov menilai Pemko Batam main-main atau tidak serius dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Salah satunya tercermin dari masih dijabatnya Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam, oleh pelaksana tugas (Plt).
Ruslan pun menyayangkan Walikota Batam Ahmad Dahlan yang terkesan lambat mengisi kekosongan jabatan Direktur RSUD tersebut. Menurutnya, peran seorang direktur dalam rumah sakit sangat vital karena berkaitan dengan semangat kerja seluruh  karyawan di rumah sakit itu.

“Terus terang, saya sangat menyayangkan, kalau Direktur RSUD itu sampai saat ini masih dijabat oleh pejabat Plt. Padahal itu merupakan salah satu bentuk pelayanan utama pemerintah kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. Pemerintah, menurut saya menganggap hal ini sebagai persoalan sepele, seharusnya jangan,” kata Ruslan, kemarin.

Kata Ruslan, Pemko Batam sudah sepantasnya merangkul Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagai lembaga profesi dokter untuk mengkaji dan meminta rekomendasi perihal jabatan Direktur RSUD Embung Fatimah. Tak hanya itu, IDI juga bisa diajak mencari solusi menyangkut dokter spesialis yang mau bertugas di rumah sakit daerah ini.

“Jangan menyerahkan urusan rumah sakit kepada yang bukan bidangnya. Serahkan itu kepada ahlinya karena ini menyangkut pelayanan kepada masyarakat orang banyak. Saya melihat manajemen Pemko Batam saat ini amburadul. Banyak pejabat atau pegawai yang ditempatkan bukan pada bidangnya. Contohnya, ada guru yang jadi kepala dinas pendapatan, guru jadi lurah dan jadi camat. Sementara kita saat ini saja masih kekurangan guru di mana-mana,” kata legislator PDI Perjuangan ini.

“Makanya saya ibaratkan pemerintah kita sekarang itu seperti gerobak buruk yang ditarik sapi gila dan larinya turun ke tebing curam. Bayangkanlah, bisa hancur lebur semuanya,” ujar dia lagi.

Seperti diketahui, sejak Dr H Asmoji SpB FINACS mengundurkan diri dari posisi Direktur RSUD Batam pada awal April lalu, jabatan itu lantas di-Plt-kan kepada Asisten III Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang), Buralimar. Hingga sekarang, belum ada tanda-tanda kapan Direktur RSUD definitif akan dilantik.

Wakil Walikota Batam Rudi SE yang dimintai tanggapannya mengatakan, masih Plt-nya jabatan Direktur RSUD Batam karena masalah teknis. Dalam waktu dekat, kata dia, akan ada direktur yang definitif.

“Hingga saat ini, Direktur RSUD masih dijabat oleh Pak Buralimar sebagai Plt. Dalam waktu dekat, kita akan menempatkan pejabat baru sebagai direktur. Dan hingga saat meskipun Direktur RSUD masih Plt semua pelayanan di RSUD berjalan aman dan lancar, tidak ada masalah . Ini karena masalah waktu dan teknis saja,” kata Rudi. (lim)

http://www.haluankepri.com/index.php?option=com_content&view=article&id=12022:ruslan-nilai-pemko-main-main-&catid=1:batam&Itemid=34

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: