Puskesmas Kotaraja Gunakan Posyandu Untuk Pelayanan Umum


JUBI — Tahun 2010 ini, Puskesmas Kotaraja di Abepura, Jayapura, Papua membijaki penggunaan  ruang posyandu untuk pelayanan memeriksa penyakit secara umum.

“Dulu posyandu ini kami hanya pake untuk timbang anak dan pemeriksaan campak. Sekarang sudah tidak lagi, tapi dipakai untuk pemeriksaan secara umum,” kata Suster Herawati, di Kotaraja, Jumat (22/1). Penyakit umum yang akan diperiksa di Posyandu adalah batuk pilek, sakit kepala, dan penyakit lainnya.

Dikatakannya, pihaknya membuat kebijakan tersebut untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat setempat. Lebih khusus di wilayah kerja Puskemas Kotaraja. Lanjut dia, selain itu, hal mendasar yang mengakibatkan pihaknya membuat kebijakan itu, karena wilayah kerja Puskesmas Kotaraja cukup luas. Jelas masyarakatnya juga cukup padat. “Wilayah kerjanya sampai batasnya di Entrop, untuk arah Jayapura. Untuk arah Abe, batas wilayah kerja sampai di Pasar Yotefa Abepura,” ujar dia.

Ia mengungkapkan, di tahun 2009 lalu, pihaknya sering mengalami kesulitan dalam melayani masyarakat. Karena terbatasnya ruangan untuk memeriksa penyakit yang dialami oleh mereka. Herawati mengungkapkan, dengan adanya kebijakan baru yang dibuat, Dinas Kesehatan Kota maupun Provinsi terus mendukung dan menopang dalam pemberian pelayanan kesehatan bagi masyarakat. “Kesehatan ini sangat penting sekali, jadi kami berharap sekali dukungannya,” paparnya.

Dia menambahkan, kebijakan ini dapat menolong masyarakat dan membantu meringankan kesulitan untuk mendapat pemeriksaan serta pelayanan kesehatan. “Dilingkungan sini banyak masyarakat yang malas tau dengan penyakit ringan yang dia dapat nanti kalo sudah gawat baru dia datang ke puskesmas untuk minta diperiksa dan diobati,” terangnya.

http://www.tabloidjubi.com/index.php/daily-news/jayapura/4862-puskesmas-kotaraja-gunakan-posyandu-untuk-pelayanan-umum.html

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: