4 Dokter terkemuka Boyke Dian Nugraha, Lula Kamal, Sonia Wibisono dan Tompi ungkap kehidupannya dalam “The Doctor-The Untold Stories”


JAKARTA: Empat dokter terkemuka di Indonesia, Boyke Dian Nugraha, Lula Kamal, Sonia Wibisono dan Tompi bercerita tentang perjalanan hidupnya dalam buku berjudul “The Doctor-The Untold Stories”. Buku yang ditulis oleh Wahyu Hidayat ini diluncurkan hari ini di Hotel Gran Mahakam. Dalam buku ini mereka menceritakan kisah yang belum pernah diungkapkan sebelumnya.

Boyke Dian Nugraha punya cita-cita menjadi dokter sudah tertanam sejak umur 5 tahun. Di benaknya waktu itu, kalau jadi dokter pasti tidak bakal sakit. Setahun kemudian, Boyke mengalami sendiri ibu kandungnya keguguran, sementara ayahnya sedang menjalankan tugas negara.

Namun sosok yang banyak menginspirasi Boyke untuk menjadi dokter adalah tokoh utama dalam serial “Dr. Kildare” yang ditayangkan TVRI waktu itu. Berwibawa, baik hati, dan heroik, dan komunikatif pada pasiennya.

Keputusannya untuk mendalami dunia ‘entertainment’ pada awalnya dicibir banyak pihak, termasuk rekan-rekan sejawatnya. Tapi Boyke punya motto “Apa kata orang lain tentang diriku, itu adalah urusan orang lain. Yang menjadi urusanku adalah apa kataku tentang diriku.” Yang penting, katanya, dia terjun ke dunia seni bukan untuk sekadar mencari uang, tapi untuk melengkapi misi dalam mengedukasi masyarakat tentang kesehatan, khususnya tentang seks yang sehat. Dia bahagia menjadi seorang ‘entertaining doctor’.

Sementara itu, bagi Lula Kamal tak ada di kamusnya, cita-cita menjadi seorang dokter. Sejak SD hingga SMA, Lula lebih suka mengutak-atik angka dalam pelajaran matematika. Di dalam kepalanya, dia sudah punya niat akan melanjutkan ke jurusan Teknik Industri selulus SMA. Padahal, ibunya sangat ingin dia menjadi dokter. “Kalau ada anggota keluarga yang sakit atau kena masalah kesehatan lain, setidaknya dalam keluarga ini ada yang tahu apa yang harus dilakukan,” begitu alasan sang ibu.

Akhirnya, Lula terpaksa menuruti petuah sang ibu, dan dia pun menempuh studi di FK Universitas Trisakti. Perkenalannya dengan dunia hiburan adalah ketika Lula ‘nyambi’ menjadi MC dan ‘stand guide’ untuk mencari tambahan buat biaya kuliah.

Kini, dengan menggeluti dua dunia, Lula bersyukur karena dua profesi tersebut—dokter dan artis—bisa saling mendukung.

Lain lagi dengan Sonia Wibisono yang dilahirkan dari pasangan dokter, dan tak heran kalau Sonia menyukai dunia kedokteran. Dia sangat antusias ketika mendengar kedua orang tuanya berdiskusi tentang masalah kedokteran, obat, dan penyakit. Itu adalah hal-hal menarik yang menjadi perhatiannya.

“Kalau suaranya seperti Tompi sih tidak akan pernah bisa jadi penyanyi,” kata guru kesenian Tompi mengomentari suaranya yang ‘sember’.

Itu membuat dia tidak percaya diri pada kemampuan menyanyinya. Tapi, kenyataan berkata lain. Semua orang tahu suara seksi Tompi ketika bernyanyi.

Berbeda dengan Boyke, Lula, dan Sonia—dokter yang nyasar ke dunia hiburan, Tompi sebaliknya, penyanyi yang nyasar ke du ffb nia kedokteran. “Dulu, cita-citanya ingin menjadi insinyur, tapi keluarga menyarankan aku untuk menjadi dokter,” kata Tompi. (ln)

http://bisnis-jabar.com/berita/4-dokter-terkemuka-ungkap-kehidupannya-dalam-the-doctor-the-untold-stories.html

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: