Dokter di Karawang Ikuti Pelatihan Refreshing IVA dan Cryoterapi


KARAWANG – Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kemampuan, sebanyak 24 dokter dan bidan Puskesmas Kabupaten Karawang mengikuti pelatihan Refreshing IVA dan Cryoterapi. Pelatihan yang telah berlangsung sejak 3 Mei tersebut ditutup secara resmi oleh Wakil Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana di Aula RSUD Karawang, baru-baru ini.

Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini memiliki tujuan umum, untuk meningkatkan pencapaian cakupan program penanggulangan kanker leher rahim. Sedangkan tujuan khususnya, yaitu meningkatkan keterampilan bidan dalam melakukan penapisan lesi prakanker leher rahim dan pengobatan lesi prakanker leher rahim dengan cryoterapi, melaksanakan pembinaan pasca pelatihan, meningkatkan pembinaan oleh dokter puskesmas pada bidan dalam melaksanakan penapisan dan pengobatan lesi prakanker leher rahim dan melaksanakan studi feasibility dan safety cryoterapi bagi para bidan.

Dr Cellica menambahkan, kegiatan ini juga sejalan dengan langkah konkret dari pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia bagi para bidan puskesmas. Untuk itu dirinya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan memberikan pelatihan kepada para peserta. “Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi terhadap upaya peningkatan kualitas bidan di Kabupaten Karawang,” ujarnya.

Sementara itu, dr. Yuska Yasin dari Dinas Kesehatan Kab. Karawang menjelaskan, bahwa kegiatan ini diikuti oleh 8 dokter dan 16 bidan yang berasal dari Puskesmas Rengasdengklok, Tempuran, Telagasari, Cikampek, Pedes, Klari, Cilamaya, dan Tirtajaya.

Yuska melanjutkan, pelatihan dimulai dengan teori, latihan pada model, dan praktik pada klien, dengan total jumlah klien yang di-cryo mencapai 19 orang. “Tindak lanjut dari pelatihan ini adalah peserta akan dimonitoring selama tiga bulan berturut-turut untuk dijadikan bahan advokasi ke tingkat nasional dalam program pencegahan kanker rahim,” tuturnya.

Yuska menambahkan, kegiatan ini terselenggara atas kerja sama JPHIEGO, Dinas Kesehatan, dan RSUD Karawang. “Pelatihan sendiri berlangsung mulai dari Pelatihan Refreshing IVA dan Cryoterapi bagi para dokter pada 2-3 Mei 2011, dilanjutkan dengan pelatihan Cryoterapi bagi para bidan selama tiga hari pada 4-6 Mei 2011,” tambahnya. (agus safutra)

http://www.tubasmedia.com/berita/24-dokter-puskesmas-ikuti-pelatihan/

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: