Ibu Hamil dan Melahirkan di Puskesmas Naik 200%


Program Jaminan Persalinan (Jampersal) yang dilaksanakan pemerintah secara gratis belakangan ini, mendapatkan antusiasme tersendiri dari masyarakat Kota Pisang Lumajang ini. Terutama bagi mereka yang berasal dari keluarga pas-pasan atau keluarga miskin (Gakin).

Animo yang sangat besar dari masyarakat dalam memeriksakan kandungan dan melahirkan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Polindes dan Ponkesdes (Pondok Kesehatan Desa) ini, mengalami peningkatan yang sangat tajam.

Menurut dr BUNTARAN SUPRIYANTO Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lumajang ketika dikonfirmasi DIDI reporter Sentral FM Lumajang, Selasa (24/05), peningkatan masyarakat setelah dilaksanakan Jampersal ini, mencapai 200 persen.

Ia menambahkan, sebelum program Jampersal ini dilaksanakan, tidak sedikit masyarakat yang memeriksakan kehamilan dan persalian ke bidan swasta.

“Namun, saat ini cenderung ke instansi pelayanan kesehatan pemerintah. Dengan program Jampersal ini, Dinkes sangat terbantukan dalam memantau ibu hamil dan persalinan untuk keluarga sehat sejahtera dan bermartabat. Meski meningkat, tidak ada kendala atau keluhan dari warga secara keseluruhan,”papar dr BUNTARAN.

Seputar antusiasme masyarakat yang datang Pusat Pelayanan Kesehatan Pemerintah, dicontohkan dr BUNTARAN, untuk kawasan Kota Lumajang saja pelayanan Puskesmas Jogoyudan cukup banyak.

“Selama April hingga pertengahan Mei sudah ada sekitar 44 ibu hamil melahirkan dan 7 ibu hamil dirujuk ke rumah sakit, karena bermasalah dalam proses persalinannya. Data ini luar biasa, karena masyarakat bisa mempergunakan fasilitas Pusat Pelayanan Kesehatan Pemerintah bisa melayani ibu hamil hingga persalinan,”bebernya.

Apalagi, lanjut BUNTARAN, Pusat Pelayanan Kesehatan Pemerintah ini, dijadikan rujukan. Dari hasil pemantauan Dinkes Kabupaten Lumajang ke sejumlah Puskesmas Kecamatan dan Puskesmas Pembantu, tidak ada keluhan dan kendala yang berarti.

“Bahkan ibu hamil dan usai persalinan, sangat puas dengan program Jampersal bagi seluruh lapisan masyarakat,”pungkas BUNTARAN. (her/tin)

http://jaringradio.suarasurabaya.net/?id=8d781246e20a6ed88f1813481a8c2d68201192957

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: