Jambu Dinilai Layak Miliki Puskesmas


HINGGA saat, Desa Teluk Kembang Jambu, Kecamatan Tebo Ulu baru memiliki Puskesmas Pembantu (Pustu), sebagai layanan kesehatan untuk masyarakat. Seiring perkembangan desa-desa baru, Pustu dinilai tidak efektif lagi untuk pelayanan kesehatan warga.

Makanya banyak warga yang menilai sudah selayaknya ditambah pembangunan Puskesmas lengkap di kecamatan Tebo Ulu. Desa Teluk Kembang Jambu dinilai tempat yang strategis untuk dibangun Puskesmas lengkap. Karena jarak desa itu dengan Puskesmas di kelurahan Pulau Temiang cukup jauh. Demikian juga dengan Puskesmas di Teluk Singkawang, Kecamatan Sumay.

Faktor lainnya, desa tersebut juga sangat dekat dengan beberapa desa lain yang juga cukup jauh menuju ke dua Puskesmas yang ada. Ditambah lagi dengan adanya wacana pemekaran Kecamatan Tebo Ulu, yang selama ini kerap dikumandangkan, maka pembangunan fasilitas penunjang diperlukan.

Camat Tebo Ulu, Kamal Anwar, saat dikonfirmasi belum lama ini mengatakan, pihak kecamatan juga memiliki penilaian yang sama dengan masyarakat. Karena menurutnya, selama ini warga sekitar Desa Jambu harus menempuh jarak cukup jauh untuk menuju Puskesmas di Pulau Temiang.

“Kalau menurut penilaian kami memang sudah layak dibangun Puskesmas lengkap di Jambu, agar masyarakat cepat mendapat pertolongan medis saat sakit. Namun semua itu tergantung dari rencana pembangunan pemerintah,” katanya, kepada harian ini, beberapa waktu lalu.

Dituturkannya, untuk membangun Puskesmas, masyarakat harus mengusulkan kepada pemerintah melalui Dinas Kesehatan. Selain itu, faktor wakil rakyat dari daerah pemilihan Dapil III juga menentukan apakah usulan tersebut disetujui atau tidak. “Yang jelas kalau dilihat dari kebutuhannya, memang sudah layak,” tandas Kamal.

http://www.bungoteboekspres.com/berita-3013-jambu-dinilai-layak-miliki-puskesmas.html

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: