Ke Puskesmas, Ibu Hamil Dilayani Calon Dokter Spesialis Kandungan


Saat ini, semua ibu hamil di Kota Manado yang berkunjung ke Puskesmas akan mendapatkan pelayanan dari calon dokter spesialis kandungan. Para ibu dan calon ibu juga diharapkan agar tidak memeriksakan diri ke dukun bila sakit tetapi ke pusat-pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) setempat. Hal demikian disampaikan walikota Manado, GS Vicky Lumentut dalam Dies Natalis Fakultas Kedokteran yang berlangsung di Puskesmas Bahu, Senin (23/5) tadi.

”Kami meminta para ibu hamil mulailah sejak dini sering memeriksa kandungan ke Puskesmas. Mengingat di sini para dokter sudah terlatih dan biasa menangani, sehingga tidak akan menemukan masalah saat melahirkan nantinya,”

Lumentut menambahkan, ada langkah kemajuan yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, yakni telah menugaskan para dokter yang akan mengambil spesialis kandungan ke semua Puskesmas rawat inap di Manado, lewat pertolongan persalinan normal.

“Ini adalah langkah yang sangat tepat, di samping itu juga ikut mendukung tercapainya Millenium Development Goals (MDGs) yakni, keselamatan ibu hamil dan melahirkan sekaligus menekan angka kematian di Kota Manado,” kata Lumentut

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan, Yvone Kaunang mengatakan bahwa hal tersebut adalah salah satu langkah fakultas kedokteran Unsrat untuk membantu masyarakat sekaligus memberikan kesempatan pada para dokter yang sedang mengambil spesialisasi untuk belajar.

“Nantinya semua dokter yang sedang mengambil spesialisasi kandungan di Puskesmas akan menolong para ibu hamil yang akan melahirkan sekaligus membantu mereka dalam pemeriksaan kehamilan,” kata Kaunang.

Kaunang juga mengatakan, para ibu hamil tidak perlu khawatir lagi kekurangan dokter saat datang ke Puskesmas karena di sana para calon spesialis kandungan akan banyak memberikan bantuan saat mereka memeriksakan diri dan melahirkan.

http://www.suaramanado.com/berita/manado/pendidikan-kesehatan/2011/5/1421/ke-puskesmas-ibu-hamil-dilayani-calon-dokter-spesialis-kandungan

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: