SRMI Mendukung Pemogokan Dokter RSUD Prof. Yohannes Kupang


Aksi pemogokan puluhan dokter di Rumah Sakit Umum (RSU) Prof Dr WZ Johannes Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Siang tadi (23/5), mendapat dukungan dari berbagai organisasi pergerakan.

Salah-satunya disampaikan secara langsung oleh Dewan Pimpinan Wilayah Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) NTT. SRMI menganggap pemogokan itu sebagai akumulasi kekecewaan terhadap ketidakmampuan manajemen RSUD Prof Yohannes dalam menjalankan tugasnya secara professional.

Selain itu, sebagaimana dinyatakan dalam statemen, buruknya manajemen di RSUD Yohannes tidak bisa dilepaskan dari kebijakan pemerintah pusat yang berhaluan neoliberal dan doyan melepaskan tugas-tugasnya dalam mengurus kesehatan rakyat.

SRMI juga menyesalkan pernyataan sejumlah pejabat daerah, seperti Frans Salen, Sekda NTT, yang menganggap persoalan pembayaran tunjungan sebagai persoalan internal.

Menurut Yosep Asafa, pengurus SRMI Wilayah NTT, persoalan layanan RSUD Yohannes bukan sekedar tanggung jawab manajemen, tetapi juga tanggung-jawab pemerintah NTT terkait pelayanan kesehatan untuk rakyat.

Untuk itu, SRMI mengajukan sejumlah tuntutan terkait persoalan tersebut, diantaranya: restrukturisasi total manajemen RSUD Yohannes Kupang, kenaikan upah dan kelancaran pembayaran upah bagi dokter dan pekerja di RSUD Yohannes, memaksimalkan pengadaan sarana dan prasana kesehatan, menggratiskan dan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada semua jenis penyakit, khusunya bagi rakyat miskin.

Sebagai solusi untuk mendapatkan anggaran, SRMI mendesak agar pemerintah sebaiknya menghemat belanja kedinasan yang tidak produktif, penyitaan harta koruptor, pemaksimalan pengelolaan potensi sumber daya alam, dan memajukan pariwisata.

Untuk diketahui, sejak tadi pagi puluhan dokter RSUD Yohannes Kupang sudah menggelar aksi pemogokan. Para dokter menuntut adanya perbaikan manajemen rumah sakit itu dan menuntut mundur Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSU Kupang, dr Hosiani dari jabatan.

http://berdikarionline.com/kabar-rakyat/20110523/srmi-mendukung-pemogokan-dokter-rsud-prof-yohannes-kupang.html

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: