Obat bius di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT) habis


Kupang – Obat bius di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT) habis. Dokter yang bertugas di ruangan operasi pun mogok kerja.

Obat bius di RS Atambua habis sejak sepekan terakhir ini. Akibatnya, pelayanan bagi pasien yang akan menjalani operasi harus dihentikan.

Meskipun para dokter mogok kerja di RSUD Atambua, mereka tetap melayani pasien di rumah sakit swasta terdekat. Alasannya, di sana tersedia stock obat bius.

“Sudah sepekan ini kita tidak bisa melayani pasien karena ketiadaan obat bius,” kata Suroso, seorang dokter di RS Atambua yang dihubungi wartawan, Rabu 25 Mei 2011.

Sementara pasien yang silih berganti datang untuk operasi tidak bisa tertolong. Seorang pasien, Nina Dahu, yang menderita usus buntu mengaku telah sepekan menunggu untuk dioperasi, namun tak kunjung dilakukan. “Saya sudah seminggu dirawat, tapi tak kunjung dioperasi,” katanya.

Direktur RSUD Atambua, Dokter Yeni Tasa, mengatakan habisnya stok obat bius di rumah sakit itu karena adanya peningkatan jumlah operasi dalam beberapa bulan terakhir, serta keterlambatan pengiriman obat bius dari Surabaya, Jawa Timur.

Peningkatan operasi paling banyak adalah pasien melahirkan, yaitu sebesar 10 persen, dan operasi bedah. “Kami tidak hanya terima pasien dari Belu, tapi juga dari Kefa, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU),” katanya ketika dihubungi Tempo dari Kupang, Rabu 25 Mei 2011.

Obat bius jenis Salotan itu, menurut dia, harus didatangkan dari Jawa Timur karena stok obat bius jenis itu tidak ada di Kupang, “Kita masih menunggu dropping dari Surabaya karena tidak bisa dikirim lewat ekspedisi, seperti obat lainnya,” katanya.

Akibat ketiadaan stok obat bius itu, menurut dia, sampai hari ini sebanyak empat pasien harus ditunda operasinya. “Kita prioritaskan pasien yangemergency, sedangkan yang tidak kita tunda,” katanya.

http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa_lainnya/2011/05/25/brk,20110525-336666,id.html

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: