Pelayanan Puskesmas di Kota Bogor Kurang Tanggap dan Lambat


Pelayanan Puskesmas yang kurang tanggap dan lambat, dikeluhkan sejumlah warga yang pernah menggunakan jasa Puskesmas di Kota Bogor. Sejumlah warga yang  ditemui Bogorplus.com, mengaku pelayanan  Puskesmas dinilai lambat oleh beberapa yang pernah memakai jasa puskesmas dalam melayani kesehatan masyarakat.

Salah satunya Isa (26), warga Cijeruk, Ia mengaku bahwa pelayanan kesehatan di Puskesmas sering kurang tanggap dan sering lambat dalam penanganannya, “ Seharusnya layanan kesehatan buat masyarakat di puskesmas harus bisa lebih diperhatikan, jangan diperlambat,” keluhnya kepada Bogorplus.com saat ditemui di UPTD Puskesmas Bogor Selatan, Selasa (24/5/2011) siang tadi.

Isa Menambahkan, dirinya juga belum mendapatkan Jaminan Kesehatan Masyarakat ( Jamkesmas).  Menurutnya, jamkesmas yang seharusnya dimiliki olehnya tidak pernah ada hingga sekarang, dirinya juga masih menggunakan uang pribadinya demi kesehatan anak-anaknya, “untuk mendapatkan kartu Jamkesmas masih dipilih-pilih, padahal kan saya perlu kartu Jamkesmas untuk keperluan kesehatan,” ungkapnya.

Warga lainnya, Diana (38), mengatakan hal yang sama, pelayanan Puskesmas sangat lambat, hal ini juga sangat mengganggu dirinya dan keluarga saat datang ke Puskesmas, “puskesmas seakan-akan menyepelekan pasien, walaupun kita bayar murah, tapi kita kan butuh pelayanan yang maksimal,” ujarnya.

Ketika ditanya Jaminan Persalinan yang dicanangkan Pemerintah Pusat, dirinya baru mengetahui itu belum lama, “saya mengetahuinya dari ibu-ibu pengajian di rumahnya,” terangnya kepada Bogorplus.com.

Diana menambahkan, sosialisasi mengenai jaminan persalinan atau Jampersal belum ada, tapi menurutnya, diirinya pernah mendengarnya hal tersebut.

Menanggapi keluhan masyarakat tentang lambatnya pelayanan kesehatan masyarakat di puskesmas, Kepala Puskesmas Bogor Tengah, Dr. Ilham, saat dihubungi Bogorplus.com melalui telepon seluler, mengaku kelambatan layanan kesehatan dimasyarakat tidak bisa dipungkiri, hal tersebut sudah menjadi citra Puskesmas sejak dulu. Menurutnya, era baru saat ini  harus merubah citra kepada masyarakat, agar Puskesmas kedepannya bisa menjadi pelayanan kesehatan masyarakat dengan baik dan tidak lambat. “Kita harus memperbaiki citra Puskesmas sebaik mungkin,” jelasnya kepada Bogorplus.com.

Dr.Ilham menambahkan, di Puskesmas Bogor Tengah sendiri menempati urutan teratas dari tingkat kepuasan pasien, “walaupun masyarakat membayar dengan harga sangat murah, tapi kita harus menerimanya dengan wajah yang ikhlas,” tutupnya

http://bogorplus.com/investigasi/1483-pelayanan-puskesmas-lambat.html

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: