Puskesmas dapat mengelola dana kesehatannya sendiri melalui APBD


DPRD Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat menyarankan Puskesmas yang tersebar di 16 kecamatan di Mamuju diberikan kewenangan mengelola dana anggaran sektor kesehatan sendiri.

“Sebaiknya Puskesmas diberikan kewenangan pemerintah di Kabupaten Mamuju untuk dapat mengelola dana kesehatannya sendiri melalui APBD Kabupaten Mamuju,” kata anggota DPRD Mamuju, Hajrul Malik di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan, Pemkab  Mamuju perlu untuk memberikan kewenangan bagi puskesmas dalam mengelola dananya sendiri agar puskesmas dapat secara cepat dan tepat melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Selama ini anggaran kesehatan untuk pengadaan sarana alat kesehatan (Alkes) dan obat-obatan untuk puskesmas di Mamuju, masih dikelola dinas kesehatan kabupaten Mamuju,”katanya.

Menurut dia, dengan dikelolanya anggaran kesehatan untuk pengadaan sarana dan prasarana kesehatan seperti alkes dan obat-obatan untuk dipuskesmas di Mamuju oleh Dinkes Mamuju tersebut, membuat pelayanan kesehatan ditingka puskemas tidak maksimal.

“Dinkes Mamuju membuat pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas Mamuju tidak maksimal, karena pengadaan alkes dan obat-obatan di Dinkes Mamuju selalu terlambat, sehingga juga terlambat didistribusikan ketingkat puskesmas untuk digunakan melakukan pelayanan kesehatan masyarakat,”katanya.

Oleh karena itu meminta agar puskesmas yang berjumlah sekitar 27 unit di Mamuju dapat diberikan kewenangan sendiri untuk mengelola anggaran kesehatan untuk pengadaan alkes dan obat-obatannya agar kondisi pelayanan masyarakat di puskesmas menjadi maksimal karena pengadaan alkes dan obat-obatan dapat dilakukan secara tepat.

“Kalau puskesmas mengelola sendiri anggarannya untuk digunakan bagi pengadaan alkes dan obat-obatannya maka pelayanan puskesmas yang jaraknya banyak yang sangat jauh dari Kota Mamuju akan lebih maksimal,”katanya.

Karena kata dia, akan secara cepat dan tepat puskesmas melakukan pelayanan pasien, karena setiap waktu dapat memenuhi kebutuhan alat kesehatan dan obat-obatan yang dibutuhkannya, sehingga pelayanan kesehatan di Mamuju juga akan semakin membaik. (T.KR-MFH/M019)

http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/28222/dprd-mamuju-sarankan-puskesmas-kelola-dana-sendiri

, , , , , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: