Kabupaten Karanganyar Giatkan Gerakan Anti Narkoba


KARANGANYAR – Maraknya penyalahgunaan NARKOBA yang melanda generasi muda saat ini membuat resah para orang tua dan masyarakat. Hal ini patut mendapatkan perhatian khusus mengingat saat ini sebaran peredaran NARKOBA tidak hanya berada di kota-kota besar saja, tetapi sudah merambah ke kota-kota kecil dan perkampungan pinggiran.

Dari segi pemakai, NARKOBA kini tidak semata-mata monopoli konsumsi kalangan menengah keatas tetapi sudah memakan korban anak-anak kurang mampu bahkan anak terlantar/jalanan. Dari segi usia, pengguna NARKOBA mengalami perluasan segmen, sehingga NARKOBA tidak hanya dikonsumsi oleh anak-muda, melainkan juga orang tua dan anak-anak. Kenyataan ini menunjukkan bahwa peredaran barang terlarang tersebut masih cukup leluasa dan belum dapat dikendalikan secara optimal oleh aparat yang berwenang.

Berangkat dari keprihatinan tersebut maka Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Karanganyar dalam memperingati Hari Bhaktinya yang ke-103 menggelar seminar bertema, ’’PENGARUH GIZI, NAPZA, DAN ROKOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR.’’

Seminar yang dilaksanakan di aula gedung DPRD Kabupaten Karanganyar ini sejalan dengan program Pemerintah yang berkomitmen memberantas gizi buruk, pengaruh rokok dan pemakaian obat-obatan terlarang. Dalam seminar tersebut juga ditekankan bahwa peran seorang Dokter bukan hanya sebagai agent of treatment, tetapi juga sebagai agent of social change dan agent of development. Jangan sampai masyarakat apriori terhadap Dokter dari daerahnya sendiri. Demikian salah satu pesan utama dalam seminar tersebut.

Data dan fakta menyebutkan bahwa di indonesia terdapat 3,2 juta pemakai aktif NARKOBA, setiap hari rata-rata terdapat 42 orang meninggal dunia akibat penyalahgunaan NARKOBA, dan estimasi kerugian ekonomi karena NARKOBA naik sebesar 37% atau Rp.32,4 Trilliun Rupiah. Dari fakta ini maka sudah seharusnya gerakan anti NARKOBA sangat digiatkan dan didukung oleh semua pihak.

http://www.jatengprov.go.id/?document_srl=19246&mid=wartadaera

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: