Mendiknas: Pendidikan Kedokteran Kedepannya Harus Lebih Murah


JAKARTA- Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) menekankan bahwa RUU Pendidikan Tinggi Kedokteran ke depan harus dapat meningkatkan kualitas dan biayanya dibuat lebih terjangkau.

“Biaya untuk sekolah tinggi kedokteran saat ini masih tergolong mahal sekira Rp30-50 juta,” demikian dikatakan Mendiknas Muhammad Nuh dalam Rapat Dengar Pendapat di Komisi X DPR RI, Senin (30/5/2011).

Lebih lanjut, dia juga memaparkan bahwa paradigma pendidikan tinggi ke depan harus dapat menitikberatkan pada lima hal.

“Pendidikan perguruan tinggi ke depan harus berparadigma pada pentingnya pendidikan keterampilan, fleksibilitas layanan perguruan tinggi, berkeadilan, keterjangkauan dengan semua lapisan masyarakat, dan perlunya sistem penjaminan mutu yang ketat,” imbuhnya.

Rapat dengar pendapat di Komisi X ini membahas tentang RUU Pendidikan Tinggi dan RUU tentang Pendidikan Tinggi Kedokteran dan dihadiri oleh sejumlah kementerian terkait seperti Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Kementerian Keuangan.

Ke depan, tantangan perguruan tinggi juga lebih berat karena harus menjangkau tiga aspek penting yaitu pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat agar dapat menjadi world class university (WCU).(rfa)

http://kampus.okezone.com/read/2011/05/30/373/462414/pendidikan-dokter-harus-lebih-murah

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: