Warga Bawean Bahagia Dikunjungi Dokter Spesialis


BAWEAN  – Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik akhirnya merealisasikan kunjungan dokter spesialis ke pulau Bawean, pekan lalu. Kunjung dokter spesialis mata dan kandungan disambut antusias oleh warga di ujung Utara sejauh 81 mil laut dari Gresik tersebut. “Maklum saja, selama ini kami harus berlayar ke Gresik kalau mau periksa ke dokter spesialis di RS Ibnu Sina atau rumah sakit lain di Gresik dan Surabaya.
Mumpung mereka di Gresik, kami manfaatkan layanannya. Semoga saja mereka rutin ke Gresik,” kata Hanijah (54) ibu rumah tangga asal Bata, Sangkapura. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, dr Soegeng Widodo saat dihubungi membenarkan kunjungan dokter spesialis ke Bawean selama 4 hari. Tujuan kunjungan untuk memberikan penilaian kinerja Puskesmas di Sangkapura dan Tambak. Selain itu, dokter spesialis melakukan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat Bawean. “Pelayanan dilakukan oleh dokter spesialis mata untuk pemeriksaan mata, katarak. Serta pelayanan iva untuk pemerikasaan ibu usia subur dan pemeriksaan kandungan oleh dokter spesialis kandungan,” kata dr Soegeng Widodo.
Mereka yang mendapatkan pelayanan kesehatan dipusatkan di puskesmas Sangkapura. Untuk layanan kesehatan sepsialis, Puskesmas Sangkapura mengenakan biaya sesuai Perda. “Khusus pemilik kartu pemilik jamkesmas dan jamkesda tetap digratiskan,” imbuh Kadinkes. Dijelaskan, bagi warga yang tidak mampu harus membawa surat pernyataan miskin (SPM). Ketentuan SPM harus melalui prosedur yaitu melalui RT/RW, terus kepala Desa, Kecamatan dan Dinas Kesehatan.
“Bagi masyarakat Pulau Bawean seharusnya memanfaatkan pelayanan oleh dokter spesialis, sehingga tidak direpotkan pemerikasaan ke Pulau Jawa,” pungkas dr Sugeng Widodo.
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: