Dinkes Provinsi Kepri menyebar 100 dokter keluarga pada tahun 2011


TANJUNGUNCANG- Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri menyebar 100 dokter keluarga ke seluruh kabupaten/kota se-Kepri pada tahun 2011 ini. Penyebaran 100 dokter keluarga itu dalam rangka mewujudkan keluarga Kepri yang sehat.

Demikian disampaikan Kepala Dinkes Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana dalam jumpa pers pada acara Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda), Senin (30/5) di Gedung Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes), Tanjunguncang, Batam.

Kata Tjetjep, tujuan penyelenggaraan dokter keluarga itu meliputi, pengembangan sarana dan metode penyuluhan kesehatan yang dilakukan secara berulang dan intensif, sehingga diharapkan ke depan mampu meningkatkan pengetahuan dan pola hidup masyarakat yang sesuai dengan PHBS. Lalu,  mengoptimalkan surveilans epidemiologi dan SKD sehingga memiliki data dan pemetaan yang akurat mengenai lingkungan dan potensi berbagai penyakit menular, termasuk penemuan kasus gizi buruk dan mekanisme penanggulangannya khususnya di desa-desa terpencil.

“Kemudian, tujuannya juga untuk meningkatkan jangkauan, pemerataan dan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah-daerah,” katanya.

Menurut Tjetjep, tugas dari para dokter keluarga itu, memberikan pelayanan kesehatan masyarakat dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bagaimana cara hidup sehat. Terutama melakukan pengontrolan terhadap lingkungan sekitar.

“Dokter-dokter tersebut akan ditempatkan di berbagai Puskesmas, dan satu orang dokter wajib mengunjungi empat rumah warga setiap harinya untuk melakukan pemeriksaan dan pendaataan,” katanya.

Ditanya tentang jumlah penyebaran dokter keluarga ke setiap kabupaten/kota, Tjetjep tidak bisa menyebutkan jumlah pasti. Namun seingat dia, Kota Batam mendapat 13 dokter dan Kabupaten Natuna mendapat jatah 14 dokter.

“Kalau memang jumlah dokter dianggap kurang, maka jumlah dokter itu akan ditambahkan pada tahun depan,” ujarnya.(cw51)

http://www.haluankepri.com/index.php?option=com_content&view=article&id=12336:dinkes-sebar-100-dokter-keluarga-&catid=1:batam&Itemid=34

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: