Hanya Satu Puskesmas Rawat Inap di Kota Pangkalpinang Hingga Saat Ini


BANGKA — Hingga kini di ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atau di Kota Pangkalpinang ternyata hanya satu yang melayani rawat inap bagi pasien.  Dari sembilan puskesmas induk yang tersebar di lima kecamatan di Kota Pangkalpinang, saat ini Puskesmas Airitam di Kecamatan Bukitintan itu, yang melayani rawat inap.

Kepala Puskesmas Airitam dr Bobby W mengatakan untuk melayani rawat inap tentunya ada kelengkapan sarana serta fasilitas guna memenuhi kebutuhan pasien. “Hal utama puskesmas itu memiliki layanan Unit Gawat Darurat (UGD) untuk menangani di saat pasien datang,” ujar dr Bobby, Pangkalpinang, Rabu (01/06/2011).

Menurutnya, pelayanan Puskesmas rawat inap itu idealnya punya sejumlah poli-klinik. Yakni memiliki fasilitas dan sumber daya manusia (SDM) guna memberikan berbagai pelayanan, termasuk konsultasi buat pasien dan keluarga. “Diantaranya, memiliki poli-balai pengobatan (BP) serta beberapa poli yang meliputi; gigi, kesehatan ibu&anak(KIA), Imunisasi,Sanitasi, Manajemen Terpadu Balita Sakit(MTBS), Sanitasi dan Laboratorium,” ujar dr Bobby. Dia menambahkan untuk puskesmas Airitam yang sejak 2004 melayani rawat inap telah punya tujuh poli-klinik tersebut. “Kini di puskesmas Airitam memiliki satu dokter gigi serta lima dokter umum, termasuk kepala puskesmas dan sejumlah perawat,” tandas dr Bobby.

http://bangka.tribunnews.com/2011/06/01/hanya-satu-puskesmas-rawat-inap-di-pangkalpinang

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: