Kemenkes: Rumah Sakit Dilarang Tolak Pasien Gawat Darurat


Kementerian Kesehatan kembali menegaskan bahwa, rumah sakit, dengan alasan apapun dilarang menolak melayani pasien miskin, terlebih pada pasien gawat darurat yang sangat membutuhkan pertolongan segera.

“Dalam kondisi emergency, rumah sakit tidak dibenarkan menolak pasien dengan alasan apapun. Itu sudah diatur dalam undang-undang, sumpah tenaga kesehatan dan perasaan kita sebagai manusia,” ujar Direktur Bina Upaya Kesehatan Rujukan Kemenkes Chairul Rajab Nasution, mengkonfirmasi pertanyaan Media Indonesia, terkait kasus Bunga Pertiwi, korban kecelakaan yang diduga ditelantarkan RSUP Fatmawati.

Dirinya menambahkan, Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 pasal 32 ayat (2) disebutkan, bahwa dalam keadaan darurat, fasilitas pelayanan kesehatan, baik pemerintah maupun swasta dilarang menolak pasien dan atau meminta uang muka.

Dari situ bisa disimpulkan, katanya, dalam kondisi kegawatan, rumah sakit wajib memprioritaskan pelayanan. Soal uang muka seyogyanya menjadi urusan kesekian.

Terkait permasalahan Bunga di RSUP Fatmawati, Chairul memilih bersikap hati-hati dalam berkomentar. “Harus kita cek dulu, benar ada penolakan atau tidak,” ujarnya.

Dirinya juga menolak menceritakan bentuk sanksi yang diberikan instansinya terhadap rumah sakit yang menolak pasien. “Pokoknya wartawan cek dulu di sana,” ujarnya berdalih.

Dihubungi terpisah, Ketua Yayasan Pemberdayaan Konsumen Kesehatan Indonesia (YPKKI), Marius Widjajarta berkementar, kasus penolakan pada pasien miskin bakal terus terjadi di Indonesia. Pasalnya, mekanisme sistem klaim pembayaran ke pemerintah oleh rumah sakit yang melakukan pelayanan pasien miskin kerap bermasalah.

Sebagai contoh, katanya, klaim pembayaran program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) saja amburadul. “Di Batam, ada rumah sakit yang klaimnya belum dilunasi pemerintah hingga 7 bulan,” lapor Marius.

http://manajemen-rs.net/index.php?option=com_content&view=article&id=198%3Akemenkes-rumah-sakit-dilarang-tolak-pasien-gawat-darurat&catid=51%3Aberita&Itemid=95

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: