Libur Bersama 4 Hari Puskemas dan RSUD Tetap Layani Pasien


PENAJAM-Libur panjang empat hari yang dimulai Kamis 2 Juni diprediksi banyak dimanfaatkan kalangan PNS di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melakukan perjalanan keluar daerah, atau rekreasi bersama keluarga dan kerabat.

Namun, bagaimana dengan PNS yang tugasnya bersentuhan langsung dengan pelayanan masyarakat, seperti puskemas-puskemas dan rumah sakit. “Kalau menyangkut pelayanan pasien kita tak ada libur. Dan kami sudah intruksikan seluruh puskemas dan puskemas pembantu (pusban) tetap buka layani pasien 24 jam,” tandas Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Hj Andi Ariani kepada Balikpapan Pos di Penajam, Selasa (31/5).

Ia mengatakan, dalam libur bersama itu bidang layanan kesehatan masyarakat di seluruh puskemas dan pusban tetap harus buka nonstop dua puluh empat jam, hanya saja pola pengaturannya dibuat jadwal secara bergiliran.

Meskipun hari libur, penanganan pasien tetap berjalan seperti biasanya. “Cuma jadwalnya kita atur per shif, pagi sampai sore dan sore sampai malam dan seterusnya. Jadi, pelayanan jangan sampai kosong. Masing-masing puskemas dan pusban sudah tahu itu,” jelas istri anggota DPRD PPU, Kamaluddin Sahar ini.

Hal yang sama juga diberlakukan di RSUD PPU. Plt Dirut RSUD Novi Heryanto menegaskan tak ada libur khusus bagi para dokter dan perawat yang melayani langsung terhadap pasien, karena penerapannya itu sudah sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur).

“Tak ada alasan libur khusus untuk dokter dan perawat. Yang libur cuma pegawai bagian administrasi saja, dokter dan perawat tetap bekerja seperti biasa. Namun, karena libur ini empat hari ya kita buat jadwal piket bergiliran,” tutupnya.(pam)

http://www.metrobalikpapan.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=56260

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: