Perdami: Operasi 206 Pasien Katarak di Kalteng


Selesai sudah tugas empat dokter Perdami. Setelah menyinggahi empat daerah di Kalteng, tercatat jumlah pasien yang dioperasi katarak secara gratis sebanyak 206 orang. Para dokter pun kelelahan. Operasi katarak gratis yang dilakukan empat dokter anggota Persatuan Dokter Spesialis Mata Seluruh Indonesia (Perdami), dr Titi Asliati, dr Retno Unggul, dr Sri Rahayu, dan dr Yanni Dwi pada 25-30 Mei 2011, berhasil mengoperasi sebanyak 206 pasien di Kalteng. Rinciannya, 18 pasien di RSUD Lamandau, 48 pasien di RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya, 55 pasien di RSUD Muara Teweh, dan 85 pasien di RSUD dr Sumarmo Kapuas.

Dari pantauan Tabengan, sebenarnya jumlah pendaftar pasien katarak lebih banyak dari jumlah yang dioperasi. Namun, karena hasil pemeriksaan pasien ternyata menderita penyakit lain seperti darah tinggi, diabetes, dan lainnya, sangat berbahaya bila tetap dilakukan operasi. Akhirnya, terpaksa hanya diberikan obat oleh tim medis.

Kepala Dinas Kesehatan Kalteng dr Ryan AM Tangkudung MKes melalui Kasi Pelayanan Khusus Kesehatan Dinkes Kalteng dr Agustina Ponansi Dewi, Selasa (31/5) siang, mengatakan, jumlah pendaftar di kabupaten terakhir yang disinggahi Perdami, yaitu Kabupaten Kapuas membeludak. Setelah melaksanakan operasi terhadap 40 lebih pasien katarak di  RSUD dr Sumarmo Kapuas, tiba-tiba saja datang 45 lebih pasien lainnya dan berkeinginan mendaftar lalu dioperasi.

Pihaknya menyerahkan semua keputusan kepada keempat dokter Perdami, karena tidak bisa memaksa apapun terhadap mereka mengingat kondisi fisik dan stamina yang dimiliki jelas sudah sangat tersedot sejak tanggal 25 Mei. Namun akhirnya, sekitar pukul 16.00 WIB keempat dokter itu sepakat tetap melanjutkan operasi 45 pasien katarak di Kapuas, meski kelelahan. Operasi berjalan hingga pukul 04.00 WIB pagi. “Kita mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas bantuan yang diberikan Perdami, dalam hal ini kepada empat dokter perempuan yang telah melaksanakan operasi terhadap 206 warga Kalteng yang menderita katarak,” kata Ina, sapaan Agustina.

Dikatakan, mulusnya kegiatannya ini tidak lepas dari arahan dan petunjuk Kadiskes Kalteng yang terus memantau perkembangan jalannya kegiatan. Lebih jauh Ina mengungkapkan, terselenggaranya kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT Ke-54 Kalteng, inilah  salah satu bakti pemerintah untuk masyarakat Kalteng dalam bidang pelayanan kesehatan menuju Kalteng Barigas. dka

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: