Jampersal: Warga Bisa Bersalin Gratis di Puskesmas Labuhan Batu


LABUHAN BATU-Puskesmas di seluruh Labuhan Batu, termasuk jaringannya, seperti puskesmas pembantu (Pustu), poskesdes, sudah bisa menjalankan program Jaminan Persalinan (Jampersal) gratis. Karena dananya tersedia di Dinas Kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Plt Kadis Kesehatan Labuhan Batu, dr H Alwi Mujahid Hasibuan, Senin kemarin (30/5).  Alwi yang juga Ketua Kahmi Labuhan Batu menerangkan, Jampersal merupakan program pemeriksaan kehamilan (Antenatal), persalinan dan pemeriksaan masa nifas bagi seluruh ibu hamil yang menggunakan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan program pembiayaannya ditanggung pemerintah, meskipun tidak masuk dalam Jamkesmas.  “Puskesmas sekarang sudah bisa melayani langsung persalinan gratis, kemudian nanti diklaim ke Dinas Kesehatan. Berapa yang dilayani nantinya diklaim ke Dinas Kesehatan dengan menunjukkan bukti bahwa pasien telah dilayani,” ujar Alwi
Diterangkan Alwi.

Program Jampersal ini meliputi, Pemeriksaan kehamilan 4 kali, persalinan normal, pelayanan nifas normal, termasuk KB pasca persalinan, pelayanan bayi baru lahir, pemeriksaan kehamilan pada kehamilan resiko tinggi, pelayanan pasca keguguran, persalinan per vaginam dengan tindakan emergensi dasar, pelayanan nifas dengan tindakan emergensi dasar, pelayanan bayi baru lahir dengan tindakan emergensi dasar, pemeriksaan rujukan kehamilan pada kehamilan resiko tinggi.

Penanganan rujukan pasca keguguran, penanganan kehamilan ektopik terganggu, persalinan, pelayanan nifas dan pelayanan bayi baru lahir dengan tindakan emergensi komprehensif dan pelayanan KB pasca persalinan.  “Namun program jampersal ini hanya bisa dilakukan bila persalinan dilakukan di sarana kesehatan resmi, bukan di persalinan yang dilakukan di rumah,” lanjut Alwi.

Kehadiran Jampersal ini terang Alwi, merupakan solusi bagi masyarakat, terutama rakyat miskin untuk mendapatkan pelayanan kesehatan khususnya dalam hal melahirkan. “Dengan adanya program Jampersal ini, mudah-mudahan angka kematian ibu, dan angka kematian anak pada waktu bersalin dapat kita tekan,” terang Alwi. (riz/syaf)

http://metrosiantar.com/METRO_RANTAU/Warga_Bisa_Bersalin_Gratis_di_Puskesmas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: