Indonesia Kekurangan Dokter Spesialis Penyakit Dalam


Jakarta – Banyaknya populasi rakyat Indonesia, tak diimbangi dengan jumlah dokter spesialis penyakit dalam. Padahal dengan banyaknya jumlah penduduk, idealnya Indonesia memiliki 25 ribu dokter spesialis penyakit dalam untuk melayani warga di seluruh wilayah. Namun, yang baru tersedia hanya 2.900 orang.

 Menurut Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Aru W. Sudoyo, kekurangan itu mengakibatkan banyak wilayah Indonesia terutama daerah kepulauan dan perbatasan tidak memiliki dokter spesialis penyakit dalam. “Distribusi ke daerah juga kurang. Di daerah-daerah sering penderita penyakit dalam dilayani dokter umum,” ujarnya di Batam, Rabu (8/6/2011) kemarin. PAPDI berharap pemerintah berperan aktif meningkatkan kemampuan dan kompetensi dokter umum untuk menjadi dokter spesialis.
Sementara Sekretaris Jenderal PAPDI Chairul Rajab Nasution mengatakan pemerintah seharusnya memprioritaskan penempatan dokter spesialis di daerah perbatasan dengan kontrak kerja 10 tahun, disertai peralatan yang lengkap. “Banyak dokter spesialis di daerah akhirnya hengkang karena tidak ada alat kesehatan yang mereka butuhkan atau keahlian mereka tidak dihargai secara layak,” katanya. Chairul mengharapkan PAPDI dilibatkan dalam penempatan dokter spesialis. “Selama ini hal tersebut hanya dilakukan oleh pemerintah,” ucap Chairul. Chairul juga meminta pemerintah menambah jumlah rumah sakit pendidikan agar jumlah spesialis penyakit dalam dan spesialis lainnya mendekati ideal. “Saat ini jumlahnya hanya 19, seharusnya bisa lebih banyak lagi,” tandasnya. (krt/krt)
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: