Prof Endang Basuki: Dokter Ramah Bantu Kesembuhan


Staf Pengajar Fakultas  Kedokteran Universitas Indonesia Prof Endang Basuki mengatakan, keramahan dan cara dokter berkomunikasi secara baik dengan pasiennya dapat membantu kesembuhan pasien.

”Justru dengan pelayanan terbaik seorang dokter, hal itu memberikan nilai lebih, sehingga dokter tersebut menjadi lebih disayang pasien,” ujar Endang, saat menjadi pembicara dalam pelatihan komunikasi dokter dan pasien, Rabu (13/7) di Hotel Holiday Tanjungbalai, Karimun.

Jika pelayanan dari dokter kurang baik, katanya, membuat kecewa pasien. Tak heran, jika ada trend masyarakat Indonesia suka berobat keluar negeri saat ini. Dampak akhirnya, mengurangi devisa bagi negara. ”Cukup dengan merubah pola pikir  untuk pelayanan terbaik dalam kesehatan, baik pelayanan dokter maupun para perawatnya, hal itu akan memberikan nilai  tambah terhadap pemasukan devisa negara,” terangnya.

Menurut Endang, melalui pelayanan ramah ke para pasien, akan membantu proses kesembuhan pasien. ”Komunikasi yang intens dilakukan para dokter dan perawat dengan pasien, menjadikan pasien mendapatkan perhatian dan motivasi untuk sembuh dari sakit yang dideritanya,” ungkapnya.

Sementara, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi  Kepri Dr Yusrizal Bakhtiar, mengatakan, kegiatan pelatihan komunikasi dokter dan pasien yang dianggarkan melalui APBD Provinsi Kepri ini, memang yang pertama kali dilaksanakan di Provinsi Kepri. ”Harapan kita dengan adanya pelatihan seperti  ini, pelayanan kesehatan akan semakin baik dan para dokter yang ada di Kabupaten Karimun menjadi contoh pelayanan terbaik ke para  pasien di masa datang,” tambahnya.

Di samping menghadirkan pembicara Prof Endang Basuki dalam pelatihan komunikasi dokter dan pasien, panitia acara itu juga menghadirkan Dr Herqutanto, yang juga sebagai staf pengajar di Fakultas Kedokteran UI.
Pelatihan ini diikuti 32 dokter umum dan dokter gigi.

http://www.batampos.co.id/index.php/2011/07/14/dokter-ramah-bantu-kesembuhan/

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: